Advertisement

Sultan: Polisi Harus Ikuti Perkembangan di Masyarakat

Yogi Anugrah
Rabu, 10 Juli 2019 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Sultan: Polisi Harus Ikuti Perkembangan di Masyarakat Gubernur DIY Sri Sultan HB X saat Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Mapolda DIY , Rabu (10/7). - Harian Jogja/Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kepolisian Republik Indonesia (Polri) diminta untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, konsolidasi, serta perannya dalam masyarakat.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan Polri harus dinamis dan selalu berkembang mengikuti pertumbuhan, perkembangan, dan dinamika yang terjadi di masyarakat. Begitu pula dalam menangani dan mencegah berbagai kejahatan, diperlukan tindakan yang humanis dan proaktif, sehingga timbul rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Advertisement

“Karena bagaimana pun, masyarakat itu tumbuh dan berkembang, sehingga Polri juga harus meningkatkan sumber daya manusia, konsolidasi dan juga perannya,” kata dia saat menghadiri Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-73 di Mapolda DIY , Rabu (10/7/2019).

Sultan juga berharap agar Polri bisa terus memperkuat koordinasi dengan TNI, Pemda, dan stakeholder lainnya dallam menjaga keamanan dalam negeri. “Saya berharap, prestasi yang selama ini sudah diraih oleh Polri, bisa tetap ditingkatkan,” ucap dia.

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan personel kepolisian harus mampu mengimbangi perubahan masyarakat yang sudah semakin maju. “Yang paling penting adalah bagaimana pengembangan potensi SDM, baik melalui pendidikan formal maupun nonformal,” ucap dia.

Tak hanya itu, menurut dia, perkembangan teknologi informasi juga menjadi tantangan tersendiri bagi personel kepolisian. Pasalnya perkembangan teknologi informasi juga bisa menjadi dorongan bagi pelaku kejahatan.

Terutama menghadapi tantangan siber, kami sebenarnya sudah memiliki Command Centre. Ada kamera pengintai di jalan-jalan dan tempat umum untuk memberikan efek pencegahan terhadap kejahatan. Patroli Siber juga sudah ada, dan sudah jalan. Sehingga kasus penipuan online, penyebaran hoaks, ataupun yang lainnya bisa ditangani dengan baik,” ucap dia.

Dalam peringatan HUT Bhayangkara ke-73, Polda DIY juga melakukan serangkaian kegiatan mulai dari bakti sosial dan kesehatan, lomba foto, olahraga gowes, anjangsana ke purnawirawan Polri, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement