Advertisement

Sumber Api Misterius, Warung di Bukit Bintang Terbakar

Ujang Hasanudin
Kamis, 11 Juli 2019 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Sumber Api Misterius, Warung di Bukit Bintang Terbakar Ilustrasi Bukit Bintang - Harian Jogja/dok

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kebakaran terjadi di kawasan wisata Bukit Bintang di Jalan Jogja-Wonosari, Kamis (11/7/2019) siang. Warung makan milik Eko Susanto seluas sekitar 8x6 meter ludes terbakar. Belum jelas sumber api dari mana, tetapi diduga berasal dari kebakaran lahan di belakang warung.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 14.50 WIB, tepatnya di Dusun Plesedan, Srimulyo, Piyungan, Bantul.

Advertisement

Berdasarkan keterangan saksi Rahayu, api kali pertama terlihat dari bawah warung dan sudah besar, kemudian merembet ke bangunan warung Eko Susanto dan sekitarnya, “Kerusakan warung hampir 90 persen, taksiran kerugian mencapai sekitar Rp30 juta,” kata Dwi Daryanto.

Sebanyak dua armada pemadam kebakaran dikerahkan dari Bantul dan dua armada dari Gunungkidul dikerahkan dalam proses pemadaman api. Tidak sampai satu jam si jago merah dapat ditaklukan.

Kawasan Bukit Bintang selama ini menjadi objek wisata di perbatasan Bantul dan Gunungkidul. Tempat usaha pun semakin menjamur, bahkan banyak bangunan tempat usaha yang tidak berizin dan kondisi bangunan membahayakan. BPBD Bantul sudah merekomendasikan agar bada penertiban karena kawasan tersebut masuk zonas merah terhadap bahaya longsor. “Saya tidak berbicara soal legal dan tidaknya bangunan di Bukit Bintang tetapi dilihat dari kerawanannya.  Bukit Bintang itu potensi gempa dan longsornya cukup tinggi, ada mobil melintas saja daya getarnya besar,” kata Dwi Daryanto, beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement