Advertisement

Pameran tentang Jejak Peradaban Islam Digelar di Jogja

Uli Febriarni
Senin, 15 Juli 2019 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Pameran tentang Jejak Peradaban Islam Digelar di Jogja Pengunjung sedang mengamati dokumen yang menggambarkan peradaban Islam, dalam pameran Masa Depan Islam di Indonesia. Pameran yang diselenggarakan di Gedung Yayasan Badan Wakaf UII, Jalan Cik di Tiro itu, bisa dikunjungi mulai Senin (15/7/2019) hingga 15 Agustus 2019. - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Universitas Islam Indonesia (UII) menggelar pameran Masa Depan Islam di Indonesia. Ruang pamer yang berada di Gedung Yayasan Badan Wakaf UII, Jln.Cik di Tiro itu, bisa dikunjungi mulai Senin (15/7/2019) hingga 15 Agustus 2019.

Direktur Eksekutif Lembaga Kebudayaan Embub Kalimasada, Hadza Min Fadhli Robby mengungkapkan, kajian tentang masa depan Islam di Indonesia saat ini sedang ramai diperbincangkan, terutama di ranah akademik. Beberapa pendapat menyatakan, Indonesia akan bangkit sebagai negara yang menjadi model pertemuan Islam, kemajuan ekonomi dan perkembangan demokrasi yang positif.

Advertisement

"Sejak wacana ini digelontorkan, masyarakat sipil dan pemerintahan di Indonesia mulai mengenalkan konsep Islam Nusantara dan Islam Berkemajuan," kata dia, dalam pembukaan pameran, Senin.

Menurut dia, di ranah kultural, tak banyak pameran yang membahas tentang masa depan Islam di Indonesia. Maka, sebagai upaya untuk mengisi kekosongan tersebut, Lembaga Kebudayaan Embun Kalimasada YBW UII mengadakan pameran tersebut.

"Tujuannya untuk menawarkan perbincangan baru yang realistis, namun tetap optimistis tentang Islam di Indonesia," ungkapnya.

Ia berharap, pameran tersebut bisa menjadi penyegar, di tengah hiruk-pikuk yang tak usai tentang Pemilu dan Islam Politik. Karena lewat pameran tersebut, penyelenggara ingin mengajak khalayak umum dari semua kalangan, untuk berbincang mengenai kemana Indonesia dan umat Islam Indonesia akan menuju.

Pameran tersebut menyajikan dokumen perjalanan sejarah umat Islam di Indonesia, melalui berbagai materi audiovisual, foto, infografis, musik, video.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement