Sempat Ditunda, Akhirnya KPU Sleman Tetapkan 50 Caleg Terpilih DPRD Sleman

Ilustrasi DPRD
21 Juli 2019 14:17 WIB Yogi Anugrah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 50 calon legislatif DPRD Sleman yang memenangkan suara saat Pemilu 2019 lalu, bakal ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Senin (22/7/2019).

Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi mengatakan rapat pleno terbuka untuk penetapan kursi dan caleg terpilih anggota DPRD Sleman dilakukan setelah lembaganya menerima surat dari KPU Pusat. “Putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) telah disampaikan ke KPU [Pusat], selanjutnya, KPU [Pusat] menyampaikan surat ke KPU kabupaten/lota,” kata Trapsi, Minggu (21/7/2019).

Setelah ditetapkan, kata dia, agenda selanjutnya adalah pelantikan 50 anggota DPRD Kabupaten Sleman periode 2019-2024. “Kalau untuk penjadwalan pelantikan, dilakukan oleh Sekretariat DPRD Kabupaten,” ujar dia.

Seperti diketahui, KPU merencanakan untuk menetapkan jumlah kursi dan caleg terpilih anggota DPRD Sleman pada Rabu (3/7) lalu. Akan tetapi agenda tersebut terpaksa mundur lantaran putusan dari Mahkamah Konstitusi terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang menjadi dasar untuk menetapkan perolehan kursi dan nama caleg terpilih, belum diterima oleh KPU.

Kasubag Humas Sekretariat DPRD Sleman Budi Arto mengatakan agenda pelantikan 50 anggota DPRD Sleman direncanakan akan dilaksanakan pada Senin (12/8/2019) mendatang. “Untuk lokasi pelantikannya, alternatifnya akan dilakukan di Pendopo Parasamya kompleks Kantor Setda Kabupaten Sleman,” kata dia.