Mantap! Malioboro Setiap Hari Bakal Dipel dengan Alat Ini

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti menaiki Scrubber Dryer, Selasa (23/7/2019). - Harian Jogja/Lugas Subarkah
23 Juli 2019 17:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Pemerintah Kota(Pemkot) Jogja memperkenalkan alat pengepel kawasan pedestrian Malioboro yang bernama Scrubber Dryer, Selasa (23/7/2019). Nantinya akan ada dua unit ini yang akan membersihkan Malioboro setiap hari.

Alat ini berbentuk seperti mobil-mobilan yang bisa dikendarai oleh satu orang. Di bagian bawah terdapat semacam pengepel otomatis lengkap dengan air untuk membersihkan lantai pedesterian. Kotoran diserap dan dikeluarkan melalui saluran tersendiri dalam bentuk cair.

Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, mengatakan alat ini sengaja didesain mencolok agar bisa memotivasi pengunjung untuk turut menjaga kebersihan. "Bukan umuk, tapi biar kelihatan lagi dibersihkan, jadi mereka tidak mengotori," kata dia.

Ia menuturkan alat ini akan beroperasi setiap hari dengan jam operasional menyesuaikan kebutuhan. Alat ini juga dilengkapi dengan sirine dan klakson sehingga bisa memberi tanda ke pengunjung di sekitarnya.

Di kesempatan ini ia juga mengenalkan prototipe becak listrik yang dirancang oleh Dishub DIY bekerja sama dengan UGM. "Secara bertahap becak motor kami harap bisa beralih ke becak listrik," katanya.