TMMD Mampu Tingkatkan Semangat Gotong Royong Warga

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen Teguh Muji Angkasa (depan pakai topi) meninjau pembangunan jalan baru di Desa Banaran, Kecamatan Playen, yang dilaksanakan dalam program TMMD, Jumat (19/7/2019)./Harian Jogja - David Kurniawan
31 Juli 2019 21:22 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi, menilai keberhasilan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tidak sebatas pembangunan infrastruktur. Dalam pelaksanaan, program ini sebagai upaya meningkatkan semangat gotong-royong masyarakat.

“Program ini tak hanya sebatas pembangunan yang memudahkan akses transportasi, tapi juga meningkatkan guyub rukun masyarakat dan mendekatkan TNI dengan warga,” kata Immawan kepada wartawan di sela-sela peninjauan kegiatan TMMD di Desa Banaran, Kecamatan Playen, Rabu (31/7/2019).

Anggota tim monitoring dari Mabes TNI, Brigjend TNI Yusuf Adi Kamrullah, mengatakan program TMMD tak sebatas kegiatan rutin yang dilakukan TNI setiap tahun. Selain untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, program ini bertujuan menggerakkan semangat gotong royong warga. “Kami tidak bekerja sendirian karena warga juga ikut berpartisipasi dalam pembangunan,” kata Yusuf.

Komandan Kodim 0730/GK, Letkol Inf. Noppy Laksana Armyanto, mengatakan jajarannya ingin pelaksanaan TMMD berjalan sukses. Dari sisi anggaran tidak masalah karena sudah ada dukungan dari pemerintah. “Saya optimistis saat ditutup seluruh program bisa selesai tepat waktu,” katanya.