Rayakan HUT ke-10, Star Jogja FM Menuju Siaran Digital

Station Manager Star Jogja Rina Yurini (kedua dari kanan) memotong tumpeng dalam peringatan HUT ke-10 Star Jogja FM, Kamis (1/8/2019). - Harian Jogja/Sunartono.
01 Agustus 2019 19:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Radio Star Jogja FM digelar, Kamis (1/8/2019). Radio ini siap menghadapi era 4.0 dengan menuju siaran digital.

Radio Star Jogja FM merupakan nama udara dari PT Radio Suara Istana yang resmi berdiri pada 15 Juni 1969 di kompleks Pura Pakualaman, Yogyakarta. Kemudian pada tanggal 1 Agustus 2009 bergabung dengan grup media Bisnis Indonesia, yang di dalamnya juga menaungi Harian Umum Solopos, Radio Solopos FM dan Harian Jogja. Saat ini, Star Jogja yang berfrekuensi 101.3 MHz ini berada di satu kompleks di Kantor Harian Jogja, Jalan AM Sangaji 41, Jetis, Kota Jogja.

Peringatan HUT Radio Star Jogja digelar di halaman kantor berlangsung meriah dengan menghadirkan seluruh karyawan baik dari Star Jogja maupun Harian Jogja. Pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur dilakukan oleh Station Manager Star Jogja Rina Yurini dengan diberikan kepada R. Deni Purwonugroho selaku Program Director.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi untuk menjadikan Star Jogja FM terus mengudara hingga usia 10 tahun, memberikan informasi kepada warga Jogja dan sekitarnya,” kata Rina.

Di usianya yang ke-10 tahun, Star Jogja telah banyak berkiprah dalam dinamika penyiaran di wilayah DIY. Dengan slogan Your Information Channel, Star Jogja tetap konsisten memberikan banyak suguhan berita tentang Jogja dalam bentuk siaran. Beragam program telah dihadirkan demi memberikan informasi kepada masyarakat melalui siaran-siarannya.

Rini mengakui di era perkembangan teknologi yang serba cepat ini, semua pihaknya harus bisa mengikuti tak terkecuali perkembangan radio. Terutama untuk menuju radio siaran digital sehingga bisa diakses tanpa terbatas oleh ruang. Siaran digital itu ke depan bisa dilakukan cukup dengan mengunduh melalui aplikasi sehingga bisa diakses dari mana saja melalui gadget.

“Selain bisa mendengarkan berita melalui streaming, mungkin nanti dalam satu aplikasi itu lebih detail lagi, ada informasi berita online, termasuk penyiarnya siapa dan lain-lain,” ujarnya.

Program Director Star Jogja FM R. Deni Purwonugroho menambahkan siaran digital memang harus dilakukan di era saat ini. Masyarakat bisa mengakses berbagai program informasi Star Jogja tanpa terbatas ruang dan waktu. “Kami tetap fokusnya di informasi atau pemberitaan,” ucapnya.

Dalam perayaan ulang tahun, Kamis (1/8/2019), digelar sejumlah acara mulai dari ceramah agama hingga pentas musik oleh para seniman.