Truk Tabrak Bus Purwo Widodo di Gunungkidul, 13 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

Truk bermuatan kalsium ringsek pada bagian kiri depan seusai menabrak bus di Padukuhan Asem Lulang, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
01 Agustus 2019 18:37 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Kecelakaan yang melibatkan sebuah truk dan bus terjadi di Kecamatan Ponjong, Gunungkidul.

Sebuah truk yang mengalami rem blong menabrak sebuah bus saat melintasi pedukuhan Asem Lulang, Desa Sidorejo, Kecamatan Ponjong pada Kamis (1/8/2019) sekitar pukul 13.30 WIB. Akibat dari kecelakaan tersebut, 13 penumpang bus mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit.

Informasi yang dihimpun, sebuah truk bermuatan kalsium dengan nomor polisi AB 8949 JN menabrak bagian bus Purwo Widodo bernomor polisi AD 1469 FG.

Kejadian bermula saat truk yang dikemudikan oleh M. Wajib, 29, asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah melaju dari arah timur ke barat. Sopir bermaksud mendahului bus tetapi muncul mobil Toyota Avanza dari arah berlawanan. Nahas, saat kakinya menginjak rem ternyata tidak berfungsi sehingga kecelakaan tidak terhindarkan.

"Saya tabrak bagian kanan belakang bus karena jaraknya terlalu dekat," kata sopir truk, Wajib, Kamis.

Wajib melaju dengan kecepatan 20 kilometer per jam dan baru bisa berhenti setelah truk menabrak pohon. "Rem truk saya blong jadi melajunya tambah kencang. Seusai bus terdorong sejauh 500 meter dan baru berhenti setelah menabrak pohon," ujarnya.

Kepala Unit Kecelakaan Lalu Lintas (Laka Lantas) Polres Gunungkidul, Iptu Sony Yuniawan, menjelaskan jumlah korban luka-luka akibat tabrakan ada 13 orang. "Lima korban ada di RS Pelita Husada dan delapan orang lainnya di RSUD Wonosari," katanya.

Ia menyatakan sopir membawa truknya seorang diri. "Sekarang masih mengevakuasi muatannya, lalu truknya harus dia bawa ke Polres Gunungkidul," tandasnya.