Advertisement

Empat Perpustakaan Desa Terima Hibah Komputer dari Perpusnas

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 02 Agustus 2019 - 21:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Empat Perpustakaan Desa Terima Hibah Komputer dari Perpusnas Perpustakaan di DIY - Ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Sebanyak empat perpustakaan desa (Perpusdes) menerima hibah perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berupa komputer dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Keempat perpusdes yang menerima bantuan masing-masing Perpustakaan Bakti Wacana, Desa Melikan, Kecamatan Rongkop; Perpustakaan Insan Mulia, Desa Bendungan, Kecamatan Karangmojo; Perpustakaan Cahaya Ilmu, Desa Gari, Kecamatan Wonosari; dan Perpustakaan Cemerlang, Desa Ngawu, Kecamatan Playen.

Advertisement

"Pemberian hibah tersebut melalui program Kegiatan Bantuan Peningkatan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Gunungkidul, Ali Ridlo, Jumat (2/8/2019).

Ali menjelaskan perangkat komputer diterima Selasa (23/7/2019). Penerima bantuan merupakan hasil seleksi dari pengajuan proposal yang secara kolektif disampaikan kepada Perpusnas melalui Dispusip Gunungkidul.

Menurutnya, dari lima perpustakaan yang diusulkan, hanya empat perpustakaan yang lolos seleksi mendapatkan bantuan komputer tersebut. Masing-masing perpustakaan desa mendapatkan empat unit komputer untuk pengembangan perpustakaan desa. “Bantuan ini diberikan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui layanan di perpustakaan desa. Masyarakat dapat mengakses informasi dengan cepat di perpustakaan melalui komputer ini,” katanya.

Dia berharap komputer tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk pengembangan perpustakaan, jangan sampai digunakan di luar fungsi perpustakaan desa.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dispusip Gunungkidul, Adriana, menuturkan di dalam pasal pernyataan komitmen bersama yang ditandatangani oleh pengelola perpustakaan penerima memuat penjelasan bahwa jika perangkat komputer hibah ini tidak digunakan sebagaimana mestinya, Perpusnas melalui Dispusip Gunungkidul berhak mengambil dan mengalihkan bantuan ini ke perpustakaan desa yang lain. "Kami siap mengawasi penggunaannya," ujarnya. Berdasarkan data Dispusip Gunungkidul, saat ini terdapat 148 perpusdes dari total 144 desa yang ada di Gunungkidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement