Empat Perpustakaan Desa Terima Hibah Komputer dari Perpusnas

Perpustakaan di DIY - Ilustrasi
02 Agustus 2019 21:47 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Sebanyak empat perpustakaan desa (Perpusdes) menerima hibah perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berupa komputer dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI.

Keempat perpusdes yang menerima bantuan masing-masing Perpustakaan Bakti Wacana, Desa Melikan, Kecamatan Rongkop; Perpustakaan Insan Mulia, Desa Bendungan, Kecamatan Karangmojo; Perpustakaan Cahaya Ilmu, Desa Gari, Kecamatan Wonosari; dan Perpustakaan Cemerlang, Desa Ngawu, Kecamatan Playen.

"Pemberian hibah tersebut melalui program Kegiatan Bantuan Peningkatan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Gunungkidul, Ali Ridlo, Jumat (2/8/2019).

Ali menjelaskan perangkat komputer diterima Selasa (23/7/2019). Penerima bantuan merupakan hasil seleksi dari pengajuan proposal yang secara kolektif disampaikan kepada Perpusnas melalui Dispusip Gunungkidul.

Menurutnya, dari lima perpustakaan yang diusulkan, hanya empat perpustakaan yang lolos seleksi mendapatkan bantuan komputer tersebut. Masing-masing perpustakaan desa mendapatkan empat unit komputer untuk pengembangan perpustakaan desa. “Bantuan ini diberikan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui layanan di perpustakaan desa. Masyarakat dapat mengakses informasi dengan cepat di perpustakaan melalui komputer ini,” katanya.

Dia berharap komputer tersebut benar-benar dimanfaatkan untuk pengembangan perpustakaan, jangan sampai digunakan di luar fungsi perpustakaan desa.

Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Dispusip Gunungkidul, Adriana, menuturkan di dalam pasal pernyataan komitmen bersama yang ditandatangani oleh pengelola perpustakaan penerima memuat penjelasan bahwa jika perangkat komputer hibah ini tidak digunakan sebagaimana mestinya, Perpusnas melalui Dispusip Gunungkidul berhak mengambil dan mengalihkan bantuan ini ke perpustakaan desa yang lain. "Kami siap mengawasi penggunaannya," ujarnya. Berdasarkan data Dispusip Gunungkidul, saat ini terdapat 148 perpusdes dari total 144 desa yang ada di Gunungkidul.