Advertisement

H-2 Iduladha, Jombor Lengang

Yogi Anugrah
Jum'at, 09 Agustus 2019 - 21:07 WIB
Arief Junianto
H-2 Iduladha, Jombor Lengang Suasana di Terminal Jombor yang lengang, Jumat (9/8/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sehari jelang perayaan Iduladha 2019 yang jatuh pada Minggu (11/8/2019) mendatang, sama sekali tidak terlihat lonjakan penumpang di Terminal Jombor, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kondisi ini diklaim berbeda dengan saat Iduladha tahun lalu.

Dari pantauan Harianjogja.com, hingga Jumat (9/8/2019) sore, baik di pintu keberangkatan maupun kedatangan hanya ada beberapa bus yang sedang menunggu penumpang. Di sekitar loket penjualan tiket pun juga tidak tampak kepadatan penumpang.

Advertisement

Staf Terminal Jombor Dinas Perhubungan (Dishub) DIY, Hirman Jaya mengatakan dalam pekan ini, tidak ada lonjakan penumpang di Terminal. “Normal seperti hari biasa. Kalau dibanding dengan Iduladha tahun lalu itu masih cukup ramai pada H-2,” kata dia kepada Harian Jogja, Jumat.

Menurut dia, waktu libur yang tidak terlalu panjang merupakan salah satu faktor yang membuat masyarakat mengurungkan niatnya untuk mudik. “Mungkin karena waktu libur Iduladha tahun ini kan cukup pendek. Senin kan sudah mulai beraktivitas lagi, baik kerja maupun sekolah,” ucap dia.

Selain itu hingga H-2 Iduladha, dia memastikan tidak ada kenaikan harga tiket bus di Terminal Jombor. Berbeda saat Idulfitri, harga tiket bus mengalami kenaikan (tuslah) nyaris hingga dua kali lipat dari harga normal.

“Mungkin besok [Sabtu, 10/8/2019] akan ada peningkatan jumlah penumpang, meskipun menurut saya juga tidak akan signifikan,” kata dia.

Berdasarkan data yang ia miliki, setiap harinya ada sekitar 450 hingga 500 armada bus yang berangkat maupun datang ke Terminal Jombor. Jumlah tersebut didominasi oleh bus-bus tujuan wilayah Jawa Tengah. “Mayoritas bus patas ke Semarang [Jawa Tengah], bus kelas ekonomi ke Semarang, dan bus-bus tujuan wilayah Borobudur dan Magelang [Jawa Tengah], maupun Tempel, Sleman. Sedangkan bus-bus malam tidak banyak,” kata Hirman.

Salah seorang penumpang tujuan Semarang, Aditya, 23, mengaku sengaja mudik sejak Jumat agar lebih lama berada di rumah. “Minggu sore atau malam mungkin akan kembali ke Jogja lagi,” kata dia saat ditemui sesaat sebelum menaiki salah satu bus di pintu keberangkan Terminal Jombor, Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement