Di Gunungkidul Tidak Ada Cacing Hati di Hewan Kurban

Penyembelihan hewan kurban. - Solopos/M. Ferri Setiawan
12 Agustus 2019 21:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul tidak menemukan adanya cacing hati pada daging kurban pasca-penyembelihan hewan kurban pada Minggu (11/8/2019).

Kepala DPP Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto, menyatakan semua hewan kurban di Bumi Handayani dalam keadaan sehat. Pasalnya, jauh-jauh hari sebelumnya jajarannya melakukan upaya deteksi secara fisik maupun secara klinis kesehatan hewan kurban. "Itu langkah yang kami lakukan," katanya, Senin (12/8/2019).

Bambang Wisnu mengatakan jajarannya menerjunkan sebanyak 200 petugas yakni dokter hewan, PNS, tenaga harian lepas, tenaga magang, praktisi, mahasiswa dan dokter hewan muda guna memantau jalannya proses penyembelihan di 18 kecamatan. "Tidak ada cacing hati dan tidak ada indikasi antraks," ujarnya.

Jajarannya juga melakukan sosialisasi bagaimana menjaga kebersihan saat sebelum penyembelihan hingga pelaksanaan penyembelihan hewan-hewan ternak. Sebelumnya, warga diimbau untuk tidak mencuci jeroan di perairan umum atau sungai, namun supaya dibuatkan sejenis instalasi pengolahan air limbah (IPAL) agar tidak mencemari lingkungan.