SMPN 4 Pandak dan SMKN 1 Pandak Kunjungi Harian Jogja

Para siswa SMPN 4 Pandak dan SMKN 1 Pandak Bantul berinteraksi dengan Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo di kantor Harian Jogja, Rabu (21/8/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
21 Agustus 2019 18:42 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Sekolah-sekolah semakin meningkatkan budaya baca dan tulis para siswanya. Seperti yang dilakukan SMPN 4 Pandak Bantul dan SMKN 1 Pandak Bantul.

Kedua sekolah tersebut di bawah bimbingan PT Astra mengajak para siswanya mengenal dunia tulis menulis khususnya bidang jurnalistik dengan mengunjungi kantor Harian Jogja. Dalam kunjungan yang dilaksanakan Rabu (21/8/2019) siang, Redaktur Pelaksana Harian Jogja Nugroho Nurcahyo menjelaskan banyak hal seputar proses pembuatan berita.

Salah satu pendamping dari SMPN 4 Pandak, Siti Zamronah menyampaikan selama ini budaya membaca dan menulis di sekolah sudah tercipta. Hanya saja, penulisan yang dilakukan hanya sebatas penulisan untuk puisi maupun cerita.

“Kalau untuk penulisan berita atau untuk terbit ke media massa kita belum. Selama ini kalau ada kegiatan sekolah, dituliskan dalam bentuk cerita. Jadi melalui pelatihan di sini [Harian Jogja] anak-anak bisa lebih mengenal ragam tulisan yang lain,” tuturnya, Rabu.

Kunjungan tersebut diikuti 20 siswa, di antaranya 10 dari SMP dan 10 dari SMK. Sebelum kunjungan, para siswa menerima pelatihan jurnalistik di sekolah yang juga disampaikan oleh tim Harian Jogja.

“Setelah kegiatan pelatihan dan kunjungan ini, anak-anak diminta menulis apapun itu temanya dan dilombakan bersama seluruh sekolah binaan Astra lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu siswa SMKN 1 Pandak Bantul kelas X Busana 2, Puji Handayani mengaku beruntung dapat berkunjung ke kantor Harian Jogja. “Ini sangat menambah pengalaman kami. Enggak nyesel datang ke sini,” tuturnya.

Menurutnya, menulis adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa menceritakan apa yang dilihat dan dibaca banyak orang. “Pingin nanti nulis untuk media massa,” katanya.

Cahya Gumilar selaku Staf Corporate Communication Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim yang turut mendampingi dalam kunjungan tersebut berharap agar setelah kunjungan ini para siswa lebih terampil dalam menulis dan cerdas berliterasi.

“Di sekolah banyak kegiatan baik internal ataupun yang diselenggarakan Astra. Harapannya, mereka aktif nulis tentang kegiatan di sekolah. Hasil tulisannya bisa dinikmati untuk dirinya sendiri, atau sekolah, atau ditayangkan di majalah Astra,” tuturnya.