Advertisement

SMPN 4 Pandak dan SMKN 1 Pandak Kunjungi Harian Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 21 Agustus 2019 - 18:42 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
SMPN 4 Pandak dan SMKN 1 Pandak Kunjungi Harian Jogja Para siswa SMPN 4 Pandak dan SMKN 1 Pandak Bantul berinteraksi dengan Redaktur Pelaksana Harian Jogja, Nugroho Nurcahyo di kantor Harian Jogja, Rabu (21/8/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Sekolah-sekolah semakin meningkatkan budaya baca dan tulis para siswanya. Seperti yang dilakukan SMPN 4 Pandak Bantul dan SMKN 1 Pandak Bantul.

Kedua sekolah tersebut di bawah bimbingan PT Astra mengajak para siswanya mengenal dunia tulis menulis khususnya bidang jurnalistik dengan mengunjungi kantor Harian Jogja. Dalam kunjungan yang dilaksanakan Rabu (21/8/2019) siang, Redaktur Pelaksana Harian Jogja Nugroho Nurcahyo menjelaskan banyak hal seputar proses pembuatan berita.

Advertisement

Salah satu pendamping dari SMPN 4 Pandak, Siti Zamronah menyampaikan selama ini budaya membaca dan menulis di sekolah sudah tercipta. Hanya saja, penulisan yang dilakukan hanya sebatas penulisan untuk puisi maupun cerita.

“Kalau untuk penulisan berita atau untuk terbit ke media massa kita belum. Selama ini kalau ada kegiatan sekolah, dituliskan dalam bentuk cerita. Jadi melalui pelatihan di sini [Harian Jogja] anak-anak bisa lebih mengenal ragam tulisan yang lain,” tuturnya, Rabu.

Kunjungan tersebut diikuti 20 siswa, di antaranya 10 dari SMP dan 10 dari SMK. Sebelum kunjungan, para siswa menerima pelatihan jurnalistik di sekolah yang juga disampaikan oleh tim Harian Jogja.

“Setelah kegiatan pelatihan dan kunjungan ini, anak-anak diminta menulis apapun itu temanya dan dilombakan bersama seluruh sekolah binaan Astra lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu siswa SMKN 1 Pandak Bantul kelas X Busana 2, Puji Handayani mengaku beruntung dapat berkunjung ke kantor Harian Jogja. “Ini sangat menambah pengalaman kami. Enggak nyesel datang ke sini,” tuturnya.

Menurutnya, menulis adalah kegiatan yang menyenangkan karena bisa menceritakan apa yang dilihat dan dibaca banyak orang. “Pingin nanti nulis untuk media massa,” katanya.

Cahya Gumilar selaku Staf Corporate Communication Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim yang turut mendampingi dalam kunjungan tersebut berharap agar setelah kunjungan ini para siswa lebih terampil dalam menulis dan cerdas berliterasi.

“Di sekolah banyak kegiatan baik internal ataupun yang diselenggarakan Astra. Harapannya, mereka aktif nulis tentang kegiatan di sekolah. Hasil tulisannya bisa dinikmati untuk dirinya sendiri, atau sekolah, atau ditayangkan di majalah Astra,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement