Advertisement

Sebut Masyarakat Dikorbankan, Pengusaha Muda di Jogja Menolak Kenaikan Iuran BPJS

Kusnul Isti Qomah
Jum'at, 30 Agustus 2019 - 23:07 WIB
Bhekti Suryani
Sebut Masyarakat Dikorbankan, Pengusaha Muda di Jogja Menolak Kenaikan Iuran BPJS Ilustrasi BPJS Kesehatan. - Bisnis Indonesia/Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Himpuman Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) DIY menolak rencana kenaikan iuran peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan. Himpi DIY menilai kebijakan yang akan keluar peraturan presiden-nya (Perpres) itu tidak populis.

Ketua Himpuman Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) DIY Teddy Gani Karim berpendapat Pemerintah dalam hal ini Menteri Keuangan melakukan kenaikan iuran peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan hingga 100% semestinya berdasarkan pertimbangan dan kalkulasi yang matang. "Jangan hanya karena Pemerintah merasa defisit penerimaan iuran BPJS Kesehatan lantas masyarakat dikorbankan dengan membebani dan menaikkan iuran," ujar dia, Jumat (30/8/2019).

Advertisement

Ia mengungkapkan bagi pelaku usaha kebijakan tersebut sangat tidak populis dan menambah beban biaya perusahaan. Sementara, menurutnya, beban pengusaha itu sudah sangat banyak sekali. Menurutnya, seharusnya Pemerintah mengevaluasi terkait pembayaran iuran dan pelayanan BPJS kepada masyarakat bukan malah menaikkan iuran. 

"Walaupun misalnya kami terpaksa mengikuti kebijakan tersebut maka ujung-ujungnya karyawan yang akan menanggung bebannya karena pengusaha pasti memotong gaji karyawan untuk menutup kenaikan iuran BPJS tersebut, kan kasian masyarakat," terang dia.

Ia mengungkapkan kenaikan iuran JKN-KIS BPJS Kesehatan tersebut juga benar-benar bertolak belakang dengan program Presiden Jokowi yang ingin mengembangkan sumber daya manusia yang sehat dan unggul. "Mestinya solusinya biaya infrastruktur dialokasikan sebagian untuk kepentingan kesehatan masyarakat, bukan mengambil jalan pintas menaikkan iuran dengan dalil untuk meningkatkan pelayanan," ungkap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement