Advertisement

Sudah Ditinjau Kemenkes, Kulonprogo Diharapkan Lolos Verifikasi Kabupaten Sehat 2019

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 30 Agustus 2019 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sudah Ditinjau Kemenkes, Kulonprogo Diharapkan Lolos Verifikasi Kabupaten Sehat 2019 Ilustrasi kegiatan Posyandu - Istimewa/Satria Ardhi Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, WATES - Dalam rangka verifikasi Kabupaten Sehat 2019, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah meninjau Kabupaten Kulonprogo untuk mengkroscek kebenaran laporan yang diajukan Pemkab Kulonprogo.

Ketua Tim Verifikasi Kabupaten Sehat, Dewi Marlina Said mengatakan dari 202 kabupaten yang mengajukan laporan, hanya 165 yang lolos seleksi. Salah satu daerah yang lolos tersebut ada Kabupaten Kulonprogo. "Oleh karena itu kami verifikasi laporan tersebut dengan langsung terjun lapangan guna mengetahui kebenaran laporan ini," kata Dewi, Kamis (29/8/2019).

Advertisement

Peninjauan ini dilakukan selama dua hari, pada Rabu (28/8/2019) hingga Kamis (29/8/2019). Hari pertama dilangsungkan di Kecamatan Samigaluh. Di sana, tim yang berisikan jajaran Sub Direktorat Penyehatan Udara Tanah dan Kawasan Direktorat Kesehatan Lingkungan, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI dan beberapa kementerian terkait mengecek kalaikan Posyandu Harapan di Dusun Clumprit, Desa Gerbosari.

Peninjauan dilanjutkan ke Sekretariat Forum Kecamatan Sehat dan KWT Anggrek Asri di Dusun Menggermalang Desa Gerbosari, e-Warong KUBE XVII Murni 54 di Desa Ngargosari dan Posyandu Melati di Dusu Plono Timur, Desa Pagerharjo.

Adapun, peninjauan hari kedua bertempat di SMPN 2 Sentolo, Kecamatan Sentolo; Pasar Wates, Kecamatan Wates; Sekretariat Forum dan Tim Pembina Kabupaten Sehat Kulonprogo, dan berakhir di area obyek wisata Kalibiru, Kecamatan Kokap.

Dewi mengungkapkan banyak hal yang menarik saat melakukan tinjauan. Di Posyandu Harapan, Dusun Clumprit misalnya. Di sana tim kagum dengan kegiatan kader posyandu yang turut melibatkan kaum pria. Ini menunjukkan posyandu bukan semata-mata ranah perempuan, tapi juga lintas gender.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo berharap, Kulonprogo memenuhi enam tatanan berdasarkan kriteria verifikasi Kabupaten Sehat, yakni Tatanan Lingkungan Sarana Prasarana Kesehatan, Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi, Tatanan Sehat Mandiri, Tatanan Sosial Sehat, Industri dan Perkantoran Sehat, serta Tatanan Lalulintas dan Pelayanan Transportasi.

“Kulonprogo tahun lalu belum bisa mencapai seluruh tatanan, diharapkan untuk tahun ini bisa meningkat meski belum seluruhnya, tapi setidaknya ada usaha dan caranya bertahap,” Kata Sutedjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement