Penentuan Pimpinan DPRD Kulonprogo Menunggu Rekomendasi PDIP

Ilustrasi DPRD
31 Agustus 2019 09:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, PENGASIH--Dua dari tiga partai politik yang mendapatkan jatah pimpinan DPRD Kulonprogo, yakni PAN untuk mengisi Wakil Ketua 1 dan Gerindra Wakil Ketua 2 telah mengirimkan surat berisi nama kandidat pimpinan definitif. Sementara, PDIP, yang mendapat slot ketua dewan belum mengajukan kandidatnya karena masih melakukan seleksi di internal parpol.

"Surat yang kami kirimkan ke parpol [tentang pengajuan kandidat pimpinan definitif] ini baru dua yang memasukkan, pertama Gerindra, dan PAN. Kami masih menunggu PDIP," kata Sekretaris DPRD Kulonprogo, Yohanes Irianta, di ruang kerjanya, Jumat (30/8/2019).

Irianta mengatakan, pada Jumat (23/8/2019) lalu, DPP PDIP mengadakan fit and proper test untuk menemukan individu yang pantas dan layak menduduki jabatan pimpinan DPRD Kulonprogo. Namun hingga hari ini, belum diketahui hasil dari tes tersebut.

Karena proses ini tidak bisa diintervensi oleh siapapun termasuk Setwan, pihaknya hanya berharap, PDIP dapat segera mengirimkan surat pengajuan kandidat itu. Penyegaran diperlukan supaya pekerjaan rumah para legislator yang membutuhkan kehadiran pimpinan definitif di antaranya membentuk dan menentukan Alat Kelengkapan (Alkap), membahas RAPBD Kabupaten Kulonprogo 2020, dan pengisian jabatan wakil bupati dapat segera dilakukan.

Ketua DPRD Kulonprogo Sementara dari fraksi PDIP, Akhid Nuryati membenarkan bahwa partainya memang belum mengirimkan surat kandidat pimpinan definitif. Menurutnya, hal ini disebabkan karena rangkaian proses fit and proper test pimpinan dewan yang diselenggarakan DPP PDIP masih berlangsung. Kegiatan ini dimungkinkan memakan waktu yang lama karena dalam prosesnya diikuti oleh seluruh kader PDIP terpilih se-Indonesia.

"Kemarin yang dipanggil DPP PDIP untuk fit and proper tes [mengisi jabatan pimpinan definitif DPRD Kulonprogo] ada dua orang, saya sendiri dan Pak Istana. Tentu kita menunggu keputusan partai, kita tidak tahu rekomendasi ini akan tiba kapan. Hanya mungkin agak lama karena tes ini seluruh Indonesia. Jateng saja baru kemarin. kalau SKnya [SK Partai Jabatan Pimpinan Dewan] dibikin bersamaan tentu menunggu selesainya fit and proper tes seluruh Indonesia," ujar perempuan yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kulonprogo periode 2014-2019 tersebut.

Sebagai kader, Akhid menghormati proses seleksi tersebut. Namun dia berharap, rekomendasi pimpinan definitif DPRD Kulonprogo dari PDIP bisa segera turun.

"Harapannya bisa segera cepat karena saya pribadi juga tidak enak dengan teman PAN dan Gerindra yang sudah lebih dulu ngirim surat. Mereka ada itikad baik untuk segera mempercepat pimpinan definitif, karena memang ketugasan menyiapkan pimpinan definitif ada pimpinan sementara," ujarnya