Catat Tanggalnya, Pemkab Bantul Hadirkan 5.363 Lowongan Kerja dalam Job Fair Tahun Ini

Ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan
03 September 2019 14:47 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kabupaten Bantul melui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul menyiapkan 5.363 lowongan pekerjaan dalam Job Fair 2019. Jumlah lowongan pekerjaan yang akan ditampikan tahun ini lebih banyak dibanding job fair tahun lalu yang hanya menyediakan sekitar 3.000 lowongan pekerjaan.

Rencananya, Job Fair 2019 digelar selama dua hari, yakni pada Rabu-Kamis (4-5/9) di Pyramid Hall, Jalan Parangtritis Km. 5,5, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

Kepala Bidang (Kabid) Penempatan Tenaga Kerja dan Tranamigrasi, Disnakertras Bantul, Istirul Widilastuti mengatakan job fair mulai dibuka pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Total perusahaan yang ikut dalam job fair tersebut sebanyak 35 perusahaan.

Perusahaan yang terlibat terdiri dari 13 perusahaan dari Bantul dan 22 perusahaan dari luar Bantul. "Dari perusahaan tersebut ada yang membuka lowongan untuk ditempatkan di luar negeri," kata Istirul, Selasa (3/9).

Lowongan pekerjaan yang ditawarkan terdiri dari berbagai macam kualifikasi pendidikan. Terbanyak lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA 4.266 pekerjaan; lulusan SMP sebanyak 707 lowongan; pendidikan diploma 292 lowongan; pendidikan sarjana 271 lowongan; dan lulusan SD sebanyak 100 lowongan.

Istirul mengatakan dalam job fair tersebut juga digelar seminar terkait dengan informasi kondisi ketenagakerjaan secara nasional maupun lokal sebagai bekal bagi para pencari kerja. Dengan begitu pencari kerja bisa mengetahui secara detail soal cara menghadapi dunia kerja, baik dalam hal personal performance, cara menghadapi wawancara kerja, hingga psikotes.

Tak hanya itu, perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan juga akan mengenalkan pada para pencari kerja, serta informasi detail yang dibutuhkan dalam penerimaan pekerja. "Kami juga menyediakan bimbingan karier di area job fair. Pekerja bisa berkonsultasi dengan psikolog tentang kesesuaian bakat dan kompetensi dengan dunia kerja," ujar Istirul.

Lebih lanjut Istirul mengatakan Job Fair 2019 terbuka dan bisa diakses oleh semua pencari kerja dan ditargetkan. Dinasnya menargetkan sebanyak 4.000 pengunjung. Sementara target tenaga kerja yang terserap sebanyak sekitar 2.500 orang.

Sekretaris Disnakertrans Bantul Ris Widodo menambahkan serapan tenaga kerja dalam job fair tidak bisa langsung diketahui pada hari pelaksanaan karena proses penerimaan calon pekerja memungkinkan dilakukan setelah job fair. "Mungkin hasilnya bisa diketahui setelah tiga bulanan, " kata Ris Widodo. “Saya harap dari job fair tersebut banyak warga Bantul yang terserap.”