Advertisement

Lewat Seminar Ilmu Kebumian, Akademisi Ingin Jalin Sinergi dengan Masyarakat

Uli Febriarni
Kamis, 05 September 2019 - 21:47 WIB
Budi Cahyana
Lewat Seminar Ilmu Kebumian, Akademisi Ingin Jalin Sinergi dengan Masyarakat Dekan Fakultas Teknik UGM Prof. Nizam menumbuk lesung sebagai seremonial pembukaan secara resmi Seminar Nasional Kebumian ke-12: Peran Ilmu Kebumian dalam Pengembangan Geowisata, Geokonservasi, Geoheritage & Memeringati 35 Tahun Stasiun Lapangan Geologi Prof.Soeroso Notohadiprawiro, Bayat, Klaten, di Hotel Alana, Kamis (5/9).(Harian Jogja - Uli Febriarni)

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sinergi antara masyarakat dan akademisi ilmu kebumian penting dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang hidup di tengah kawasan dengan potensi geowisata, geokonservasi, dan geoheritage.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Geoweek, Nugroho Imam Setiawan, saat memberi sambutan pembukaan Seminar Nasional Kebumian ke-12: Peran Ilmu Kebumian dalam Pengembangan Geowisata, Geokonservasi, Geoheritage & Memeringati 35 Tahun Stasiun Lapangan Geologi Prof. Soeroso Notohadiprawiro, Bayat, Klaten, di Hotel Alana, Kamis (5/9).

Advertisement

"Salah satunya dengan mewujudkan [Stasiun] Bayat sebagai sumber daya warisan geologi, geowisata dan geokonservasi," kata dia, Kamis.

Panitia berharap semoga seminar dan konferensi ini bisa menjadi ruang bersama untuk berdialog, diskusi dan fokus membahas tema yang dibangun. Total, ada 429 abstrak yang masuk ke meja panitia dan setelah diseleksi, diputuskan sebanyak 102 makalah akan dipresentasikan dalam momen yang berlangsung hingga Jumat (6/9) itu.

Ketua Departemen Geologi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Heru Hendrayana mengatakan usia 35 tahun adalah sebuah usia yang sangat enerjik, termasuk bagi Stasiun Bayat.

"Kami harap Stasiun Bayat terus berkembang dan terus menjadi pusat studi geologi terbaik di Indonesia," kata dia.

Dekan Fakultas Teknik UGM Prof. Nizam mengungkapkan tema yang diangkat dalam seminar membuktikan Geologi bukan hanya soal eksplorasi. Melainkan juga konservasi dan mengandung upaya perhatian pada kegiatan ekonomi masyarakat sekitar, lewat geowisata, konservasi, dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Dalam konteks kali ini, Stasiun Bayat sudah dikenal di Indonesia dan di internasional. Potensi itu luar biasa dan saat ini tinggal diperlukan sinergi antara pariwisata, konservasi, pengetahuan ilmu dan pemahaman segenap pihak perihal planet Bumi.

Dalam seminar tersebut, Guru Besar Departemen Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM Prof. Subagyo Pramumijoyo menjadi pembicara kunci, membawakan materi bertema yang sama dengan tema kegiatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rudal Israel Dilaporkan Hantam Iran, Irak dan Suriah

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement