Peringati Haornas, Ratusan Siswa Sekolah Ini Punguti Sampah di Jalanan

Siswa SMK Kesehatan Binatama bermain dolanan tradisional. - Ist/SMK Binatama.
11 September 2019 12:17 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--SMK Kesehatan Binatama Sleman menggelar peringatan Peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) pada Senin (9/9/2019). Selain berolahraga kegiatan itu diisi dengan melakukan parade dolanan tradisional dan memunguti sampah di jalanan.

Waka Kesiswaan SMK Kesehatan Binatama Ghotama Pamungkas menjelaskan pihaknya menggelar sejumlah kegiatan dalam rangkaian Haornas. Antara lain jalan sehat, ASA (ada sampah ambil) dan senam bersama. “Kegiatan ini diikuti sekitar 350 warga sekolah yang terdiri dari siswa, guru dan karyawan SMK Kesehatan Binatama,” terang dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (11/9/2019).

Jalan sehat dengan memunguti sampah ini menempuh jarak sekitar satu kilometer dari sekolah. Siswa dibagi menjadi empat kelompok, antara lain menuju ke Simpang Empat Jetis, Simpang Tiga Jalan Monjali (PDAM), menuju Pasar Kutu dan Bundaran RSUP Sardjito. “Dari sekolah siswa berjalan ke empat penjuru mata angin, sejauh satu kilometer, mereka berjalan sembari memunguti sampah di sepanjang perjalanan,” katanya.

Ia menambahkan kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin keakraban dan kekompakan warga sekolah, sekaligus memberikan edukasi kepada siswa terkait pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. “Kegiatan jalan sehat asal ada sampah ambil kami singkat dengan ASA ini juga untuk mengenalkan jalan sekitar sekolah serta memasyarakatkan olahraga. Harapannya siswa menjadikan olahraga sebagai kebutuhan untuk hidup sehat,’ katanya.

Setelah memunguti sampah dan kembali ke sekolah, para siswa kemudian melanjutkan kegiatan dengan parade dolanan tradisional. Mereka memainkan egrang, gasing, lompat tali, benthik dan lain-lain di halaman sekolah. “Ini untuk merefresh siswa, bahwa ada dolanan tradisional yang perlu dilestarikan,” ujarnya.