Advertisement

Peringati Haornas, Ratusan Siswa Sekolah Ini Punguti Sampah di Jalanan

Sunartono
Rabu, 11 September 2019 - 12:17 WIB
Sunartono
Peringati Haornas, Ratusan Siswa Sekolah Ini Punguti Sampah di Jalanan Siswa SMK Kesehatan Binatama bermain dolanan tradisional. - Ist/SMK Binatama.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--SMK Kesehatan Binatama Sleman menggelar peringatan Peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) pada Senin (9/9/2019). Selain berolahraga kegiatan itu diisi dengan melakukan parade dolanan tradisional dan memunguti sampah di jalanan.

Waka Kesiswaan SMK Kesehatan Binatama Ghotama Pamungkas menjelaskan pihaknya menggelar sejumlah kegiatan dalam rangkaian Haornas. Antara lain jalan sehat, ASA (ada sampah ambil) dan senam bersama. “Kegiatan ini diikuti sekitar 350 warga sekolah yang terdiri dari siswa, guru dan karyawan SMK Kesehatan Binatama,” terang dia dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (11/9/2019).

Advertisement

Jalan sehat dengan memunguti sampah ini menempuh jarak sekitar satu kilometer dari sekolah. Siswa dibagi menjadi empat kelompok, antara lain menuju ke Simpang Empat Jetis, Simpang Tiga Jalan Monjali (PDAM), menuju Pasar Kutu dan Bundaran RSUP Sardjito. “Dari sekolah siswa berjalan ke empat penjuru mata angin, sejauh satu kilometer, mereka berjalan sembari memunguti sampah di sepanjang perjalanan,” katanya.

Ia menambahkan kegiatan tersebut bertujuan untuk menjalin keakraban dan kekompakan warga sekolah, sekaligus memberikan edukasi kepada siswa terkait pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan. “Kegiatan jalan sehat asal ada sampah ambil kami singkat dengan ASA ini juga untuk mengenalkan jalan sekitar sekolah serta memasyarakatkan olahraga. Harapannya siswa menjadikan olahraga sebagai kebutuhan untuk hidup sehat,’ katanya.

Setelah memunguti sampah dan kembali ke sekolah, para siswa kemudian melanjutkan kegiatan dengan parade dolanan tradisional. Mereka memainkan egrang, gasing, lompat tali, benthik dan lain-lain di halaman sekolah. “Ini untuk merefresh siswa, bahwa ada dolanan tradisional yang perlu dilestarikan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement