Ini Tiga Exit Toll yang Akan Ada di Kulonprogo

Ilustrasi. - Bisnis/Arief Hermawan P
12 September 2019 21:17 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Trase tol yang melewati Kulonprogo (Solo-Jogja-Kulonprogo) disediakan tiga pintu gerbang (exit-entry toll). Jalur Solo-Jogja-Bawen-Cilacap menjadi satu kesatuan sistem jalan tol.

Jalur tol yang melintasi Kulonprogo, tersambung dari junction tol Jogja-Bawen di wilayah Seyegan. Jalur tersebut dibangun di sisi Utara rel kereta api, berada di sisi Utara Kota Wates menuju ke pinggiran perbukitan Menoreh.

Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Hananto mengatakan proses finalisasi untuk jalur tol yang melewati Kulonprogo masuk tahap akhir. Keinginan Pemkab Kulonprogo agar ada tiga exit tol sudah dipenuhi. "Kami sudah memfasilitasi rencana Pemkab Kulonprogo untuk memindahkan ibu kotanya menjadi Wates Baru, dengan exit toll. Jalur (di Kulonprogo) sudah hampir final," katanya, Kamis (12/9/2019).

Selain exit toll ke wilayah Kota Wates Baru, dua exit toll yang akan dibangun di Kulonprogo satu pintu gerbang menuju ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sentolo dan lainnya menuju Bandara YIA. "Untuk pembangunan tolnya berada di sisi utara jalur rel kereta api, banyak yang elevated, menyambung ke pinggiran kawasan Menoreh menyambung ke jalur Cilacap," katanya.