Advertisement

Ini Dia Metode Sensus yang Dipakai BPS Sleman Tahun Depan

Yogi Anugrah
Jum'at, 27 September 2019 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Ini Dia Metode Sensus yang Dipakai BPS Sleman Tahun Depan ILustrasi Administrasi kependudukan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Pusat Statistik (BPS) Sleman akan menggunakan metode kombinasi dalam melakukan sensus penduduk pada 2020 mendatang.

Kepala BPS Sleman Arina Yuliati mengatakan pada sensus penduduk sebelumnya pada 2010, BPS melakukan sensus dengan metode tradisional, yakni tidak dibekali dengan data dasar, namun langsung turun door to door ke masyarakat. “Sekarang, dalam melakukan sensus, kami mengikuti perkembangan zaman, jadi akan menggunakan metode kombinasi,” kata dia, Kamis (26/9/2019).

Advertisement

Metode kombinasi, kata dia, dilakukan dengan cara memanfaatkan data penduduk yang sudah ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), lalu diverifikasi secara langsung ke masyarakat. “Jadi metode ini adalah penggabungan antara sensus online dan sensus manual,” ucap dia.

Adapun tahapan untuk sensus penduduk 2020 yakni, pada Februari-Maret tahun depan akan dilangsungkan sensus penduduk online dengan metode computer assisted web interviewing (CAWI). Lalu pada Juli, akan dilakukan pemeriksaan data penduduk, verifikasi lapangan, serta pencacahan lengkap. “Salah satu alasan digunakan metode seperti ini dalam sensus adalah untuk mengatasi responden yang tidak tersentuh oleh petugas sensus,” ucap dia.

Sekretaris Disdukcapil Sleman, Heru Joko Indarto mengaku siap membantu BPS Sleman dalam sensus penduduk tahun depan. Terkait dengan sensus penduduk, Disdukcapil Sleman diakui dia telah beraudiensi. “Semua kegiatan yang berhubungan dengan catatan sipil, seperti perkawinan, perceraian, kelahiran dan kematian, sudah dilaksanakan pencatatan dengan baik. Data tersebut akan jadi basis sensus nanti," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 12 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rudal Israel Dilaporkan Hantam Iran, Irak dan Suriah

News
| Jum'at, 19 April 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement