Dusun Benyo Gelar Merti Dusun

Suasan Kirab Budaya di Dusun Benyo yang ikut memeriahkan acara Merti Dusun yang mengangkat tema Sengkut lan Semuyut Mbangun Benyo pada Sabtu (28/9). Harian Jogja - Kiki Luqmanul Hakim
28 September 2019 22:37 WIB Kiki Luqmanul Hakim Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL – Guna meningkatkan potensi yang ada, Dusun Benyo, Sendangsari, Pajangan Bantul, menggelar acara Merti Dusun pada Sabtu (28/9/2019). Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB ini turut dihadiri oleh Bupati Bantul, Suharsono dan Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa acara-acara seperti ini harus dijaga dan dilestarikan agar tidak hilang dimakan waktu. “Saya sangat bersyukur acara kebudayaan seperti Merti Dusun ini belum hilang, semoga acara seperti ini bisa ada terus dan selalu dijaga oleh masyarakat Bantul,” ucap Suharsono.

Ia juga mengatakan bahwa dengan adanya acara Merti Dusun pihaknya bisa mengetahui bagaimana keadaan-keadaan yang ada di Desa tersebut. Jika ada suatu masalah pihak pemerintahan desa harus segera melaporkan dan mengusulkan kepada pihak Pemerintah Kabupaten.

“Saya selalu menyempatkan hadir kalau diundang dalam acara-acara seperti ini, selain untuk silahturahmi kepada warga, saya juga bisa melihat kondisi daerah yang mengundang saya. Jika ada masalah monggo seger dilaporkan atau diusulkan,” katanya.

Dukuh Dusun Benyo  Surinto mengatakan bahwa acara ini menggambarkan rasa syukur para petani di daerah Benyo kepada Allah atas hasil panen yang melimpah pada tahun ini dan juga rejeki yang telah dilimpahkan pada tahun ini.

“Temanya tahun ini adalah Sengkut lan Semuyut Mbangun Benyo, harapannya dengan tema itu warga sekitar dan kami pemerintahan desa bisa membangun Benyo lebih baik lagi dan lebih maju lagi,” kata Surinto ketika ditemui usai acara.

“Acara kirab ini diawali dengan ziarah kubur pada Jumat lalu dan akan selesai pada besok yang ditutup dengan acara pagelaran wayang kulit. Kalau hari ini adalah acara kirab budaya. Selain itu acara ini juga untuk ajang silahruturahmi warga yang jumlahnya ada sembilan RT,” tambah Surinto.

Sementara itu bendahara acara Sugiman menjelaskan selain untuk silahturahmi, Merti Dusun ini juga bertujuan untuk meningkatkan potensi-potensi budaya serta potensi SDM yang ada di Dusun Benyo.

“Acara ini juga berutjuan untuk memperkenalkan serta mengembangkan potensi-potensi tentang seni dan budaya yang ada disini, dengan acara ini semoga potensi-potensi tersebut bisa berkembang dan bermanfaat bagi warga sekitar,” kata Sugiman.