Begini Nasib Proyek JORR dan Underpass Gejayan di Jogja

Alat berat dioperasikan di salah satu suduh proyek Underpass Kentungan, Sleman, Minggu (12/5/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
08 Oktober 2019 22:57 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Wacana pembangunan jalan Jogja Outer Ring Road (JORR) di wilayah DIY masih belum jelas pelaksanaannya. Pembahasan terkait rencana pembangunan JORR masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

Kepala Bidang Binamarga DPUP-ESDM DIY Bambang Sugaib mengatakan pembangunan JORR yang mengitari wilayah DIY masih menunggu kelanjutan pembahasan dari pemerintah Pusat. Meskipun ada keinginan Pusat untuk membangun JORR, hanya saja proyek tersebut tidak masuk dalam program strategis nasional (PSN).

"Pembahasannya baru sampai studi kelayakan saja, itupun sudah bebarapa waktu lalu dan sampai saat ini masih belum ada kelanjutannya," katanya kepada Harianjogja.com, Selasa (8/10/2019).

Dalam konteks ini, kata Sugaib, Pemda DIY hanya sebatas menyediakan jalur yang akan dilintasi oleh proyek JORR. Keberadaan JORR tersebut bertujuan salah satunya agar kendaraan yang hanya melintasi DIY tidak perlu melewati Kota Jogja. Adapun proses pembangunan hingga pendanaan berasal dari pusat. "Rencana pembangunannya jangka panjang. Ini juga terkait dengan masalah pendanaan, dananya dari pusat," katanya.

Selain JORR, kata Sugaib rencana pembangunan underpass untuk simpang Gejayan hingga kini juga belum ada titik terang. Proyek tersebut merupakan rencana lanjutan setelah pembangunan underpass keuntungan selesai. "Rencananya 2020, tapi sampai saat ini belum ada kejelasan juga. Kami berharap agar underpass Gejayan bisa dibangun," harapnya.

https://www.youtube.com/watch?v=w6j88veDWT8