Operasi Zebra Incar Anak-Anak & Pengendara Usia Produktif

Ilustrasi razia lalu lintas - JIBI
18 Oktober 2019 14:12 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Polres Gunungkidul menggelar Operasi Zebra 2019 mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019 dengan sasaran anak-anak dan warga usia produktif.

"Sasaran kami warga usia produktif mulai 17 tahun sampai 30 tahun, karena berdasar hasil survei, rentang usia ini merupakan penyumbang angka kecelakaan terbesar,” kata Kasatlantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Nuviyan, saat ditemui Kamis (17/10/2019).

Anang menuturkan operasi digelar untuk menekan angka kecelakaan di Gunungkidul. Oleh karena itu, dalam operasi ini jajarannya mengedepankan penindakan terhadap pelanggar aturan lalu lintas. "Kami bakal menilang segala bentuk pelanggaran," kata dia.

Sebelum menggelar operasi, Polres Gunungkidul terlebih dulu akan turun ke masyarakat seperti ke sekolah, instansi, komunitas pengendara sepeda motor hingga organisasi masyarakat, untuk menyosialisasikan operasi. "harapannya masyarakat mengetahui dan meningkatkan ketertiban berlalu-lintas di jalan," ujarnya.

Beberapa sasaran operasi di antaranya pengendara motor di bawah umur, menggunakan ponsel saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran lainnya.