Advertisement

SMA Muhammadiyah 3 Jogja Deklarasi Pancatertib

Rahmat Jiwandono
Rabu, 23 Oktober 2019 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
SMA Muhammadiyah 3 Jogja Deklarasi Pancatertib Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jogja mengikuti deklarasi sekolah pancatertib di Lapangan Mancasan, Wirobrajan, Kota Jogja, Rabu (23/10/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– SMA Muhammadiyah 3 Jogja mendeklarasikan diri sebagai sekolah model pancatertib. Deklarasi dilakukan di Lapangan Mancasan, Wirobrajan, Kota Jogja pada Rabu (23/10/2019) pagi.

Kepala SMA Muhammadiyah 3 Jogja, Heri Nugroho, mengatakan pancatertib tersebut memuat lima komitmen yakni tertib daerah milik jalan, tertib usaha, tertib bangunan, tertib lingkungan dan tertib sosial. “Insyaallah pada hari ini [kemarin] akan kami deklarasikan dan penuhi kelima hal itu,” kata Heri Nugroho, Rabu.

Advertisement

Adapun kegiatan yang sudah dilakukan terkait dengan komitmen pancatertib, antara lain kegiatan bersih hijau. Dalam kegiatan ini seluruh peserta didik, pengajar dan karyawan bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan. “Salah satu standar operasionalnya sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai memastikan kebersihan kelas,” kata dia.

Lainnya tertib usaha dan tertib sosial juga sudah dilaksanakan. SMA Muhammadiyah 3 Jogja memiliki program unggulan sosial entrepreneurship. Melalui kegiatan ini, seluruh siswa didampingi guru wajib mempunyai kegiatan sosial di lingkungan masyarakat. Hal yang sudah dikerjakan oleh para murid antara lain aktif di musala, mengadakan lomba di tingkat TPA dan membaca alquran. “Mereka juga membersihkan fasilitas-fasilitas umum,” katanya.

Otoritas sekolah akan membentuk tim pancatertib yang meliputi unsur-unsur internal dan didampingi komite sekolah dan pengawas satuan pendidikan menengah Kota Jogja.

Kepala Satpol PP Kota Jogja, Agus Winarto, mentakan kegiatan pancatertib yang merupakan program Pemkot Jogja, sasaran semula adalah masyarakat di perkampungan. Namun demikian, pada tahun ini pihaknya mencoba mengembangkan ke sekolah-sekolah. “Ke depannya kami ingin kembangkan ke perusahaan-perusahaan,” kata Agus winarto.

Pancatertib merupakan sebuah kegiatan penanaman nilai-nilai seperti kedisiplinan waktu dan perlakuan terhadap sampah.

“Kadang ada wisatawan mancanegara yang datang ke Jogja justru membersihkan sampah,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement