Advertisement

Resmi Dilantik sebagai Sekda DIY, Ini Dia Tugas dan Tantangan Baskara Aji

Sunartono
Rabu, 06 November 2019 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Resmi Dilantik sebagai Sekda DIY, Ini Dia Tugas dan Tantangan Baskara Aji Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskara Aji. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kursi Sekretaris Daerah (Sekda) DIY resmi diduduki oleh mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji. Bertempat di Bangsal Kepatihan, kompleks Kepatihan, Jogja, Gubernur DIY Sri Sultan HB X resmi melantik Baskara Aji, Rabu (6/11/2019).

Sultan menyerahkan setumpuk pekerjaan rumah yang harus diselesaikan mantan Baskara Aji, mulai dari sejumlah penyelesaian proyek strategis hingga persoalan banyaknya pejabat yang akan pensiun. HB X menjelaskan penetapan Sekda telah melalui fit and proper test hingga riset rekam jejak yang bersangkutan selama menjadi PNS. Baskara Aji dinilai memiliki kemampuan persuasif agar proses internalisasi gagasan baru dapat dilaksanakan serta memperoleh dukungan dari pihak luar.

Advertisement

“Seorang Sekda harus mampu berperan sebagai achievement driver, harus produktif dalam mengidentifikasi potensi yang memiliki nilai tambah dan memacu agar OPD memenuhi tugas tepat waktu. Selain itu juga harus menjalankan tugas dengan ekstra ketat, agar menjadi role model yang menginspirasi OPD,” kata Sultan.

Selain itu, lanjut Sultan, Sekda juga harus mampu berperan sebagai akselerator pembangunan, di antaranya terkait dengan konektivitas ke arah DIY dan akses Jogja-Solo-Semarang hingga penyelesaian pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan Pelabuhan Tanjung Adikarta Kulonprogo, serta Marine Techno Park dan Agro Techno Park. “Kemudian masih ada Kawasan Ekonomi Khusus [KEK] berbasis industri kreatif, Jalan Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen, serta kawasan Strategis Keistimewaan DIY seperti pelestarian aspek sosial-budaya, dan historis,” ucap Sultan.

Tantangan lain yang bakal dihadapi oleh Baskara Aji sebagai Sekda DIY yang baru, menurut Sultan seperti banyaknya aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun sehingga harus piawai melakukan kaderisasi kepemimpinan.

Itulah sebabnya, sebagai Sekda DIY, Baskara dituntut memudakan sikapnya dengan banyak berkomunikasi dan memberi tugas pejabat eselon III untuk mengukur kemampuan bibit pemimpin baru. Sehingga pada saatnya terjadi suksesi kepemimpinan, sudah siap satu angkatan kelompok pemimpin baru yang memiliki vitalitas dan kemampuan tangguh.

Sekda DIY R. Kadarmanta Baskara Aji mengaku siap melaksanakan sejumlah pekerjaan rumah yang dibebankan. Ia mengatakan butuh dukungan semua OPD dalam menuntaskan pekerjaan tugas yang belum diselesaikan Sekda sebelumnya.

Di sisi lain, sebagai orang baru di Setda DIY, ia harus berkoordinasi lebih intens dengan berbagai perangkat OPD yang akan diagendakan dalam waktu dekat ini. Dengan melihat sejumlah pekerjaan tersebut, ia menilai semua harus menjadi fokus penyelesaian dengan mengedepankan prioritas.

“Semua harus dilakukan penjadwalan, mana yang prioritas ke depan diselesaikan dahulu yang waktunya bisa ditunda ya ditunda, kalau bareng ya sinergi dengan teman OPD untuk melaksanakan tugas. Toh tugas itu bukan hanya untuk saya saja tetapi seluruh OPD,” katanya.

Soal banyaknya pejabat yang akan pensiun, Aji mengaku sudah mempelajarinya dan akan segera membuat strategi untuk mengisi kekosongan jabatan terutama di 2020. “Ini jadi pekerjaan rumah karena memang 2020 kawan-kawan ASN banyak memasuki purnatugas. Setelah saya pelajari bulannya [pensiun] tidak bersamaan, semoga bisa segera mengisi dan saya lihat kader kita di eselon III sudah banyak yang matang tinggal pilih siapa orangnya di tempat yang sesuai,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement