Ini Sosok yang Bikin Wing Chun Kondang di Jogja

Hari N Suyuti - Ist
11 November 2019 07:37 WIB Jumali Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Komitmen dan kecintaan Hari N Suyuti terhadap pengembangan olahraga Wing Chun patut diacungi jempol. Meki olahraga ini belum masuk dan terdaftar sebagai salah satu cabang olahraga di Komite Olahraga Nasional (KONI), tidak membuat Hari N Suyuti bekecil hati.

Pria yang tinggal di Bausasran, Kota Jogja ini tetap fokus mengembangkan olahraga yang dipopulerkan oleh tokoh Ip Man ini. Berbagai upaya dia lakukan. Mulai dari memopulerkan olahraga ini ke masyarakat, sejumlah turnamen juga ia bidik untuk meningkatkan kualitas para atlet Wing Chun di Jogja.

Kerja keras Hari N Suyuti perlahan berbuah hasil. "Saat ini sudah dalam proses diakui KONI. Dalam waktu dekat Wing Chun akan diakui dan jadi cabang olahraga sendiri. Saat ini proses sedang berjalan di KONI Pusat," kata Hari kepada Harianjogja.com, Minggu (10/11/2019).

Hari berkeinginan agar Wing Chun bisa berdiri sendiri sebagai cabang olahraga. Keinginannya itu bukan tanpa alasan. Sebab, saat ini prestasi dari atlet-atlet Wing Chun cukup baik. Di sejumlah turnamen Wing Chun berskala internasional, atlet-atlet Wing Chun dari Indonesia mampu meraih prestasi maksimum. Tidak terkecuali atlet Wing Chun dari DIY.

"Saat ini ada 200-an atlet yang tergabung dengan kami. Dari segi prestasi, sejauh ini mereka cukup baik. Kali terakhir Sabtu [9/11] lalu, kami berhasil menjuarai turnamen tingkat nasional di Jakarta," lanjutnya.

Hari juga membuktikan komitmennya mengembangkan Wing Chun salah satunya dengan mengirimkan atlet melalui dana patungan anggotanya dan sponsor.

"Paling dekat akhir pekan ini ada turnamen Wing Chun internasional di Hong Kong. Ada tujuh atlet Wing Chun DIY yang ikut memperkuat kontingen Indonesia berlaga di sana," kata dia.

Salah satu manajer di toko perbelanjaan di Kota Jogja ini menambahkan setelah diakui baik oleh KONI Pusat maupun KONI DIY, pihaknya akan semakin masif mengembangkan Wing Chun. Sejumlah program bahkan telah dipersiapkannya untuk mengembangkan olahraga ini.

"Tentu setelah diakui dan menjadi cabang olahraga, diharapkan Wing Chun nantinya dapat ditampilkan di Porda, Pekan Olahraga Nasional maupun berbagai turnamen lainnya," ucap Hari.