Coba Kabur Saat Hendak Ditangkap, Kaki Komplotan Pembobol Rumah Indekos Didor Polisi

Keempat pelaku yang berhasil diringkus jajaran kepolisian dari Polsek Depok Timur pada Senin (11/11/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan
11 November 2019 18:27 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak empat orang asal Bandung, Jawa Barat yang merupakan komplotan spesialis pembobol rumah dan kamar indekos berhasil dibekuk aparat Polsek Depok Barat. Salah satu dari keempat pria itu terpaksa ditembak petugas lantaran berupaya kabur saat ditangkap.

Kapolsek Depok Timur, Kompol Paridal mengatakan penangkapan keempat pria itu berawal dari laporan kehilangan dari salah seorang penghuni kamar indekos di Mancasan Kidul, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok pada 5 November lalu. Keesokan harinya, keempat pria yang diduga pelaku berhasil diringkus. "Keempatnya berhasil diringkus sewaktu berada di salah satu apartemen di daerah Seturan, Caturtunggal, Kecamatan Depok," kata dia, Senin (11/11/2019).

Keempat pria yang diringkus, kata Kapolsek, masing-masing adalah Yadi Kuswara, 34; Yadi Mulyadi, 24; Pani Firdaus, 24; dan Deni Nugraha, 29. Saat diringkus, salah satu dari pelaku yaitu Deni terpaksa ditembak di kakinya karena berupaya melawan dan melarikan diri. “Dari keempat orang itu, satu di antaranya, yakni Yadi Kuswara tercatat sebagai residivis kasus yang sama,” ucap Kapolsek.

Keempat pria itu merupakan komplotan yang biasa beraksi membobol kosan dan merampas harta benda penghuni kos. Dari tangan tersangka, polisi berhasil menyita barang bukti berupa dua buah laptop, satu buah telepon genggam, sejumlah uang tunai, dan obeng yang digunakan pelaku untuk mencongkel jendela kamar dan rumah indekos.

Dalam menjalankan aksinya, keempat tersangka berbagi peran. "Ada dua orang yang mencongkel jendela kosan dan masuk merampas barang-barang di kosan, ada juga yang jaga di depan kosan," ucap Paridal.

Kanit Reskrim Polsek Depok Timur, Iptu Mahardiyan mengatakan pelaku biasa beraksi di saat kos sedang sepi. "Saat itu pelaku mencuri sekitar pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB. Saat rumah dan kamar indekos ditinggal kuliah," ucap dia.

Salah satu tersangka Deni Nugraha, mengaku nekat membobol rumah indekos di wilayah Depok meskipun domisili jauh, dari Bandung, karena terbelit kebutuhan ekonomi. "Niatnya uang itu buat makan," katanya pada Senin.