Sosialiasi Pembangunan Tol Jogja Dimulai Pekan Depan

Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan
14 November 2019 20:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sosialiasi bagi warga terdampak lebih awal akan dilakukan di trase ruas tol Jogja-Solo pada pekan depan. Pemda DIY akan berusaha memastikan kepada warga terdampak akan menerima manfaat dari pembangunan tol.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan dalam sosialisasi itu pihaknya akan menjelaskan tujuan pembangunan tol, serta dampak yang akan ditimbulkan juga akan disampaikan secara detail kepada warga terdampak.

Penjelasan itu akan diberikan dalam berbagai aspek melalui tim yang telah dibentuk oleh Pemda DIY, agar masyarakat bisa menerima. Pihaknya akan berusaha meyakinkan kepada warga terkait manfaat tol di wilayah DIY.

“Menerima itu dalam pengertian tidak hanya bisa menerima di sana akan ada pembangunan jalan tol, tetapi juga bisa menerima manfaatnya dari jalan tol itu,” katanya Kamis (14/11/2019).

Ia mengatakan karena pembangunan itu kepentingan masyarakat, pihaknya berharap masyarakat dapat memahami bahwa segala hal berkaitan dengan tol itu telah dipikirkan secara menyeluruh dampaknya oleh pemerintah. Di sisi lain ada manfaat yang positif seperti dampak perekonomian ke warga sekitar.

“Kami akan jelaskan juga kepada masyarakat terkait dampak ekonomi ketika tol berdiri, agar bisa menerima dengan baik. Sehingga program ini bisa cepat berjalan karena ini kan pararel dengan penyelesaian bandara Kulonprogo,” katanya.

Tim dari Pemda DIY bersama Pemerintah Pusat, kata dia, akan mulai bergerak pekan depan untuk melakukan sosialisasi. Menurutnya sosialiasi paling awal akan dilakukan kepada warga terdampak di trase ruas tol Jogja-Solo, seperti wilayah Sleman timur. Sosialisasi akan melibatkan Pemda Sleman serta berbagai perangkat di bawahnya hingga desa.

“Semuanya akan kami hadirkan, lalu disosialisasikan, seperti diskusi. Rencana mulai pekan depan,” katanya.