Dispar DIY Terus Tingkatkan SDM Desa Wisata

Narasumber dan peserta Kampanye Sadar Wisata 2019 yang digelar Dinas Pariwisata DIY berfoto bersama di Sendang Payungan, Dusun Payungan, Desa Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul, Jumat (15/11/2019). - Istimewa/Dispar DIY
28 November 2019 23:37 WIB Kiki Luqmanul Hakim Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Guna menumbuhkan kesadaran tentang wisata, Dinas Pariwisata (Dispar) DIY memberikan pembekalan Kampanye Sadar Wisata di kawasan wisata Payungan, Ciren, Desa Triharjo, Kecamatan Pandak, Bantul pada Jumat (15/11/2019) lalu.

Kepala Bidang Destinasi Dinpar DIY, Wardoyo, menyampaikan Kampanye Sadar Wisata ini bertujuan agar Dusun Payungan lebih siap untuk menjadi destinasi wisata yang sangat berdampak positif bagi warga sekitar. "Satu desa di Triharjo kan ada banyak dusun, mungkin ada 10 dusun dan semuanya ini sangat ingin menjadi destinasi wisata maka dari kami berika sosialisasi sadar dulu agar mereka paham bagaimana cara mengelola dan apa itu desa wisata," katanya kepada Harian Jogja, Kamis (28/11/2019).

Itulah sebabnya, untuk membangun kawasan desa wisata harus banyak yang dipersiapkan. Mulai dari sumber daya manusia, lalu cara pengelolaan, pemasaran dan juga konsepnya. "Semuanya harus menarik, jadi di acara ini itu kita berikan semua materi tersebut," tambahnya.

Dia berharap dengan adanya kampanye ini warga Payungan dan padukuhan lainnya yang ada di Triharjo mampu memahami desa wisata dan mulai mengambil langkah agar kedepannya Triharjo menjadi kawasan desa wisata.

Anggota DPRD DIY Joko Purnomo menyampaikan pihak DPRD sendiri senada dengan Dinpar DIY, akan selalu mendukung dan membantu destinasi-destinasi wisata yang khususnya masih menjadi rintisan desa wisata agar menjadi desa wisata. Menurutnya DPRD DIY sangat antusias dan mendukung jika ada warga di suatu daerah khususnya di DIY yang mempunyai potensi wisata dan ingin mengembangkan potensi tersebut. "Kami [DPRD DIY] sangat antusias dan mendukung jika ada daerah yang memiliki potensi wisata lalu ingin dikembangkan lagi, ini sangat berdampak positif bagi semua elemen," katanya.