SMPN 1 Samigaluh Dibobol Maling, Peralatan Elektronik dan Uang Infaq Lenyap

Petugas Polsek Samigaluh saat olah TKP di SMP N 1 Samigaluh, Kecamatan Samigaluh, Rabu (4/12/2019). - Ist/Dok
05 Desember 2019 11:37 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sejumlah peralatan elektronik, dana koperasi serta uang tabungan siswa yang disimpan di tiga ruangan di SMP N 1 Samigaluh lenyap digondol maling, Rabu (4/12/2019). Total kerugian akibat ulah penggarong itu ditaksir mencapai puluhan juta.

Kapolsek Samigaluh AKP Purnomo menerangkan hilangnya aset serta uang milik SMP N 1 Samigaluh, pertama kali diketahui oleh penjaga malam saat hendak membuka seluruh ruangan sekolah pada Rabu sekitar pukul 06.00 WIB.

Penjaga tersebut kaget dengan kondisi di tiga ruangan yakni ruang guru BP, Ruang Koperasi dan ruang guru yang berantakan. Teralis besi jendela di tiga ruangan itu juga sudah jebol. "Karena khawatir ada apa-apa petugas langsung melapor ke kami," kata Purnomo saat dikonfirmasi, Kamis (5/12/2019) pagi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan di lokasi kejadian, Purnomo menyatakan peristiwa ini murni perampokan. Adapun dari pendataan pihaknya diketahui maling yang diduga lebih dari satu orang itu menggondol sebuah LCD merk Visonik dan satu laptop merk Acer senilai Rp10 juta, uang koperasi sebesar Rp6,7 juta, uang seragam Rp800.000 serta uang tabungan siswa dan uang infaq sebesar Rp8,5 juta.

"Saat ini kami masih melakukan penyelidikan dan mengumpulkan barang bukti, semoga dalam waktu dekat pelaku bisa tertangkap," ujarnya.