Pantau Persiapan Pilkada GKR Hemas Datangi KPU Sleman

Anggota DPD RI GKR Hemas (empat dari kiri) saat berkunjung ke KPU Sleman, Kamis (19/12/2019). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
19 Desember 2019 19:07 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Anggota DPD RI asal DIY GKR Hemas mengunjungi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Kamis (19/12/2019). 

GKR Hemas mengatakan sebagai anggota Komite I DPD RI yang membawahi UU dan Kepemiluan, kedatangannya ke KPU Sleman adalah untuk mengetahui persiapan Pilkada 2020. Salah satu yang disoroti DPD RI, katanya, terkait data pemilih. "Pendataan pemilih pendatang ini harus cermat. Jangan sampai masalah Pilkada 2014 terkuat pemilih ini terulang lagi," katanya saat ditemui seusai kunjungan. 

Hemas juga meminta agar hak pilih bagi mahasiswa yang sudah ber KTP Sleman juga diakomodasi. Alasannya, jika mahasiswa sudah memiliki KTP Sleman maka ia juga memiliki hak untuk memilih. "Kalau pada Pemilu 2019 mahasiswa memilih calon Presiden, maka kalau memilih calon bupati, mungkin bisa dipertimbangkan. Khususnya mereka yang sudah memiliki KTP Sleman," kata Hemas.

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi menjelaskan saat ini, KPU Sleman sedang menyiapkan pembentukan petugas pemilih kecamatan (PPK) yang akan dilakukan pada pertengahan Januari 2020. KPU juga tengah menunggu Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) dari Kemendagri sebelum nantinya memutakhirkan data pemilih.

"Secara umum tahapan-tahapan sudah kami lakukan. Sudah kami sampaikan saat GKR Hemas datang, termasuk mengakomodasi pemilih dari kalangan mahasiswa," katanya.