Advertisement

Cegah Teroris Beraksi di Jogja, Densus 88 Dikerahkan saat Natal

Sunartono
Selasa, 24 Desember 2019 - 10:47 WIB
Bhekti Suryani
Cegah Teroris Beraksi di Jogja, Densus 88 Dikerahkan saat Natal Ilustrasi terorisme - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJADetasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri rupanya memberikan perhatian terhadap Jogja guna mengantisipasi aksi terorisme jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar menyebutkan Densus bahkan telah memetakan wilayah Jogja.

Asep Suhendar mengatakan Polda DIY telah melakukan banyak langkah untuk memberikan rasa aman dalam perayaan Nataru 2019 ini. Salah satunya mencegah terjadinya aksi terorisme di wilayah DIY. Pihaknya menggandeng Densus 88 untuk melakukan pemetaan dalam mencegah aksi terorisme di Jogja.

Advertisement

“Sudah [melakukan antisipasi terorisme] kerja sama, sama Densus, [Densus] sudah turun ke sini, juga pemetaan [terhadap terduga pelaku terorisme] sudah dilakukan,” katanya saat di Kompleks Kepatihan, Senin (23/12/2019).

Namun Asep tak bisa menginformasikan secara detail hasil pemetaan yang dilakukan Densus 88. “Jangan lah,” katanya singkat.

Asep setengah membenarkan adanya sejumlah penangkapan terduga terorisme di Jogja jelang Nataru 2019. Namun ia enggan membeberkan detailnya karena bukan kewenangan Polda DIY. “Itu kan Mabes Polri, Mabes Polri yang tahu, kami tahu [adanya penangkapan terduga teroris], tetapi secara teknis [kewenangan] dari Mabes Polri yang melaksanakan,” katanya.

Menurutnya secara teknis terorisme menjadi kewenangan Densus 88, sehingga Polda DIY tidak bisa memberikan keterangan detail. “Waduh, saya enggak tahu, secara teknis bertanya sama Kadensus saja,” kilahnya saat dimintai konfirmasi ulang oleh wartawan soal informasi penangkapan terduga teroris.

Namun Asep memiliki harapan besar terhadap perayaan Nataru di Jogja bisa berjalan lancar dan aman. “Mudah-mudahan Jogja aman damai, masyarakat yang melaksanakan ibadah bisa melaksanakan ibadah dengan tenang, hikmat dan perayaan natal berjalan dengan baik, mudah-mudah tahun baru juga aman,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement