GKR Mangkubumi Melantik Saka POM Daerah DIY

Pelantikan Mabi dan Pinsaka POM Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta pada Senin (23/12/2019) di Aula Kantor Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jogja. - Ist
24 Desember 2019 14:47 WIB Media Digital Jogja Share :


Harianjogja.com, JOGJA- Balai Besar POM di Jogja telah melakukan pengukuhan dan pelantikan Mabi dan Pinsaka POM Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin (23/12/2019) di Aula Kantor Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Jogja.

Pengukuhan dan pelantikan dilakukan oleh GKR Mangkubumi selaku Ketua Kwartir Daerah DIY.

Tujuan dari pembentukan Satuan Karya Pramuka adalah memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan dan pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan yang dapat menjadi bekal bagi kehidupan dan penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Rustyawati, dalam sambutannya menyampaikan bahwa organisasi kepramukaan merupakan organisasi kemasyarakatan yang terstruktur dan memiliki anggota dalam jumlah besa.

"Ini merupakan wadah yang berpotensi untuk menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat, khususnya pada generasi muda," katanya, dalam rilis.

Ia berharap para anggota Pramuka dapat menjadi kader yang akan menerapkan prinsip mengkonsumsi obat dan makanan yang aman, bermutu dan bermanfaat/berkhasiat, menjadi contoh di lingkungannya dan mampu menyebarluaskan informasi terkait obat dan makanan.

GKR Mangkubumi menyampaikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya atas terbentuknya Rintisan Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan ( Saka POM ) Kwartir Daerah DIY ini.

Dalam sambutan ia mengimbau agar dalam mensosialisasikan keamanan obat dan makanan bersinergi dengan kegiatan-kegiatan lainnya serta berkerja sama dengan saka-saka yang telah ada.