Ketua RT di Gunungkidul Jelaskan Proses Penggeledahan Rumah Warganya oleh Densus 88, Sejumlah Barang Disita

Ilustrasi. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
26 Desember 2019 14:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Densus 88 Mabes Polri menggeledah rumah milik WSG,35, warga Dusun Teguhan, Wunung, Wonosari, Rabu (25/12/2019). Hasil dari penggeledahan, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti laptop, 13 buku, senapan angin, pedang dan sebuah rompi.

Pada Kamis (26/12/2019) siang di sekitar rumah WSG sudah tidak ada lagi tanda-tanda penggrebekan. Garis polisi yang sempat terpasang di sekitar lokasi untuk kepentingan pemeriksaan juga sudah dilepas.

Istri WSG juga sempat menemui sejumlah awak media yang berkunjung, meski demikian ia tidak memberikan keterangan terkait dengan penggeledahan yang berlangsung pada Rabu malam. “No comment,” kata RMI kepada wartawan, Kamis.

Ketua RT 04, Dusun Teguhan, Supriyanto membenarkan adanya penggeledahan terhadap rumah milik WSG. Pada saat kejadian, ia mengaku diminta menjadi saksi dalam penggeledahan tersebut. “Ada tiga orang menjadi saksi, dan salah satunya saya sendiri,” katanya.

Menurut dia, penggeledahan mulai dilakukan sekitar pukul 19.30 WIB dan berakhir dua jam kemudian. Supriyanto pun melihat keseluruhan penggeledahan termasuk barang-barang yang diamankan dari rumah WSG. “Ada 13 buku, sebuah pedang, senapan angin, laptop dan pedang,” ungkapnya.

Di rumahnya, WSG tinggal bersama istrinya beserta anaknya yang berusia 13 tahun. Kesehariannya bekerja sebagai buruh bangunan di kawasan Blok O, Banguntapan, Bantul. Ia termasuk orang yang ramah dan juga sering ikut kegiatan di dusun. “Kalau ada kerja bakti, dia ikut. Untuk sekarang, saya tidak tahu dimana keberadaan WSG,” katanya.

Informasi yang berhasil dihimpun, WSG ditangkap di Blok O. Adapun penggeledahan di rumah bersangkutan merupakan pengembangan dari hasil penangkapan tersebut. Peristiwa ini juga sempat membuat heboh warga sekitar. Guna menghindari hal-hal yang tak diinginkan, polisi juga sempat memasang garis polisi untuk pengamanan.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan membenarkan adanya penggeledahan sebuah rumah di wilayah Gunungkidul oleh Densus 88. Meski demikian, untuk perkembangan pihaknya tidak tahu menahu. “Silahkan ke Kabid Humas Polda DIY saja,” kata Agus.