Kabulkan 11 Sanggahan, Jumlah CPNS Bantul Bertambah

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
29 Desember 2019 17:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Panitia seleksi (pansel) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Bantul mengabulkan 11 sanggahan dari total ratusan sanggahan yang diajukan pelamar CPNS selama digelarnya masa sanggah. Dengan demikian pelamar CPNS yang lolos administrasi di Bantul bertambah.

Dari hasil verifikasi berkas pendaftaran yang sudah diumumkan, beberapa waktu lalu, pendaftar yang memenuhi syarat administrasi sebanyak 8.334 orang dari total pendaftar sebanyak 9.211 orang. Adanya penambahan hasil sanggahan maka jumlah pendaftar yang lolos administrasi menjadi 8.342 orang.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Bantul, Danu Suswaryanta mengatakan masa sanggah sudah selesai dan pihaknya juga sudah memberikan jawaban kepada semua pendafta yang mengajukan sanggahan. “Dari masa sanggah tersebut, ada penambahan dari [pendaftar CPNS] yang tidak memenuhi syarat menjadi memenuhi syarat sebanyak 11 orang,” kata Danu, Sabtu (28/12/2019).

Danu mengatakan sejumlah persoalan yang tadinya tidak memenuhi syarat menjadi memenuhi syarat sebagian besar adalah soal syarat akreditasi program studi yang salah baca dari sistem. Dia tidak menjelasakan lebih lanjut terkait dengan kesalahan itu sehingga disanggah dan kemudian sanggahan diterima, karena sistem dan syarat yang membuat adalah pemerintah pusat.

Kasubid Formasi dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bantul, Jazari Hisyam menambahkan sejumlah pemalar CPNS yang tidak lolos verifikasi administrasi karena beebrapa faktor, di antaranya adalah pelamar tidak mengumpulkan berkas setelah daftar secara daring, kualifikasi pendidikan yang tidak sesuai dengan yang disyaratkan, dan beberapa dokumen yang dilampirkan dalam berkas tidak dilegalisasi.