Malam Tahun Baru, Warga Bantul Dilarang Konvoi

Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi-Harianjogja.com - Kiki
30 Desember 2019 18:37 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST16). Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Kapolres Bantul, Wachyu Tri Budi Sulistiyono mengatakan warga Bantul dilarang melakukan konvoi saat malam perayaan Tahun Baru 2020.

Imbauan ini dilakukan guna menghindari terjadinya konflik antar-kelompok. Menurutnya jika ada salah satu kelompok yang melakukan konvoi menggunakan knalpot blombongan bisa memicu kerusuhan antar-kelompok dan mengganggu ketertiban.

"Silakan merayakan tahun baru, namun tidak dengan konvoi. Karena hal tersebut bisa memicu keributan antar kelompok, apalagi kalau konvoi memakai knalpot yang blombongan, itu mengganggu ketertiban umum," katanya ketika ditemui Harianjogja.com pada Senin (30/12/2019).

Untuk menghindari kerusuhan tersebut pihak Polres Bantul akan mengerahkan seluruh personel guna menjaga ketertiban umum. Tidak sendirian, Polres Bantul akan dibantu oleh sejumlah pihak.

"Untuk antisipasi, semua personel akan kami kerahkan, kami juga akan dibantu oleh Satpol PP, Paksikaton, Banser, yang bertugas dititik-titik tertentu," ujarnya.

Jika pihak Wachyu menemukan ada warga Bantul yang masih nekat konvoi, maka Polres akan mengambil tindakan tegas agar keadaan tetap aman.

"Akan kami hentikan dan kami periksa kelengkapannya, jika ada bukti melakukan pelanggaran lain maka akan kami proses juga. Tahun baru harus aman dan tertib," tegasnya.

Selain ia juga menyampaikan Polres Bantul telah menyiapkan personel di titik-titik tertentu yang rawan kemacetan. Di antaranya ialah kawasan Pantai Parangtritis dan juga jalur yang digunakan untuk menuju Bukit Bintang.