LIBUR NATARU: Wistawan ke Gunungkidul Tembus 400.000 Orang, Banyak Wisata Indah Bertiket Murah

Wisatawan bermain di pesisir Pantai Watukodok, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Minggu (1/9/2019). - Harian Jogja/David Krniawan
02 Januari 2020 09:57 WIB Newswire Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Kabupaten Gunungkidul masih jadi tujuan favorit wisatawan yang berlibur ke DIY.

Jumlah wisatawan yang menuju ke sejumlah obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul selama libur Natal dan Tahun Baru ini telah tembus di angka 407.625 orang. Selama libur akhir tahun kali ini, Kabupaten Gunungkidul mampu meraup pendapatan dari retribusi penjualan tiket masuk sebesar Rp 3,28 miliar.

Kepala Seksi Obyek dan Daya Tarik Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata, Aris Sugiyantoro mengatakan, pada libur Natal dan Tahun baru ini, jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata yang terdapat retribusi tiket masuk memang cukup menggembiarakan karena sesuai dengan harapan.

"Sejak tanggal 21 hingga 31 Desember kemarin, jumlahnya pengunjungnya sekitar 400 ribuan,"tutur Aris.

Di malam pergantian tahun hingga awal tahun 2020 ini, Gunungkidul memang masih menjadi favorit untuk dikunjungi. Tanggal 31 Desember 2019 kemarin, pihaknya mencatat setidaknya ada 29.665 orang wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata di Gunungkidul.

Sementara di hari pertama tahun 2020 ini, Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat sudah ada 75.063 orang pengunjung. Pantai masih mendominasi kunjungan wisatawan ke Gunungkidul karena 90 persen wisatawan yang pergi berlibur ke wilayah Gunungkidul tujuan utamanya adalah ke pantai.

"Hanya dengan tiket masuk Rp 10.000, wisatawan bisa menikmati beberapa pantai,"ucapnya.

Deretan pantai yang indah memang menjadi pilihan masyarakat untuk berlibur menghabiskan sisa waktu liburan mereka. Akibatnya, sejumlah titik di beberapa jalur wisata di wilayah Gunungkidul mengalami kemacetan. Antrian mengular sering terlihat di sore hari ketika wisatawan balik ke Kota Yogyakarta.

Sumber : Suara.com