Ingin Gunungkidul Jadi Ijo Royo-Royo, Polisi Tanam 1.000 Pohon

Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan melakukan simbolis penanaman sejuta pohon. - Ist/Polres Gunungkidul
11 Januari 2020 07:47 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Dalam rangka mewujudkan Bumi Indonesia yang hijau, Polri melaksanakan program penanaman sejuta pohon serentak di seluruh pelosok negeri. Di Gunungkidul sendiri, jajaran Polres Gunungkidul melakukan aksi penanaman 1000 pohon di lingkungan Mapolsek Kecamatan Tepus.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan mengungkapkan aksi penanaman ini guna mewujudkan Gunungkidul hijau royo-royo. Ia mengungkapkan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan aksi menanam pohon, sebab musim hujan telah datang.

"Alhamdulillah kita bersyukur kepada Allah SWT, dalam rangka mewujudkan bumi Indonesia yang hijau, Polri melaksanakan penanaman sejuta pohon," kata Agus melalui keterangan tertulis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (10/1/2020).

Agus menuturkan sebelumnya, pihaknya juga telah malakukan aksi penanaman pohon di Mako Polsek dan asrama yang tersebar di Gunungkidul. Berbagai jenis pohon yang ditanam antara lain, pohon buah-buahan dan pohon peneduh.

Selain menciptakan suasana sejuk bagi jajarannya dalam program menghijaukan Indonesia, penanaman pohon tersebut bertujuan untuk mendukung terwujudnya gerakan Gunungkidul Ijo Royo-royo, salah satunya di wilayah-wilayah rawan bencana. Ia menuturkan penanaman itu juga akan berimbas kepada masyarakat.

"Kemarin kita juga sudah tanam 300 pohon di Desa Mertelu, Gedangsari. Seperti Aren itu bisa dimanfaatkan untuk menambah ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sebelum melakukan aksi menanam itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul guna menentukan titik mana saja bibit-bibit pohon tersebut ditanam.

"Penanaman pohon sudah di sesuaikan lokasi, tertata dan perkirakan keamanannya. Semoga bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat luas," ujarnya.

Camat Tepus, Alsito mengucapkan banyak terimakasih kepada Lembaga Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dalam hal ini jajaran Polres Gunungkidul yang telah memilih Kecamatan Tepus menjadi salah satu titik program penghijauan Bumi Nusantara.

"Saya mengucapkan terimakasih karena kecamatan Tepus diberi kesempatan melaksanakan penanaman pohon dalam rangka penghijauan ini," ujarnya.

Alsito memiliki harapan penuh terkait apa yang telah dilakukan oleh Polres Gunungkidul ini bisa mendatangkan manfaat dan dampak positif bagi warganya itu sendiri.

Kegiatan penanaman 1000 pohon tersebut dihadiri oleh Kapolres Gunungkidul AKBP Agus Setiawan, Wakapolres Kompol Joko Hamitoyo, Danramil Tepus, jajaran Polres Gunungkidul beserta anggota Bhayangkari dengan melibatkan masyarakat setempat.