Pilkades di Sleman Masuk Tahap Pendaftaran, Sejumlah Warga Mulai Ambil Formulir

Ilustrasi. - Antara
24 Januari 2020 02:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di 49 desa di wilayah Sleman masuk pada tahap pendaftaran. Sejumlah bakal calon kepala desa sudah mengambil formulir pendaftaran.

Di Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, sudah tiga pendaftar yang mengambil formulir. Salah satunya RAy Prasetiyanti, kerabat dari Puro Paku Alaman Jogja. Kedatangan bakal calon kepala desa ini diiringi oleh elemen masyarakat Desa Caturtunggal. "Kami sengaja mengusung sosok perempuan sebagai bakal calon kepala desa," kata Slamet Widodo selaku warga, Kamis (23/1/2020).

Dipilihnya Prasetiyanti, katanya, merupakan hasil dari penjaringan aspirasi masyarakat yang mulai jenuh dan menginginkan sosok perempuan. Figur Prasetiyanti katanya, diharapkan bisa lebih mengayomi dan memiliki jiwa asih, asah dan asuh. "Tujuannya agar pemerintah bisa lebih mengoptimalkan segenap potensi masyarakat, khususnya kaum perempuan, anak-anak dan remaja," katanya.

Adapun RAy Prasetiyanti mengatakan awalnya tidak tertarik untuk terlibat dalam Pilkades. Namun untuk menghargai keinginan sejumlah elemen masyarakat, ia akhirnya mengikuti Pilkades Caturtunggal. "Ini berangkat dari kondisi riil dan kegelisahan warga. Warga berhak mendapatkan yang terbaik," katanya.

Prasetiyanti mengaku akan mendalami dan mempelajari lebih jauh segala potensi di Caturtunggal. Dia juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk mengangkat potensi yang ada. "Salah satunya rencana membangun gedung serbaguna yang bisa berfungsi sebagai tempat pelatihan sekaligus etalase produknya," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Caturtunggal Andi Sofyan mengatakan pendaftaran bakal calon kepala desa dimulai sejak 23 Januari hingga 4 Februari mendatang. "Pada hari pertama ini, terdapat tiga bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran," jelasnya.

Dihubungi terpisah, Kabid Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sleman, Agung Endarto mengatakan seluruh persyaratan calon kepala desa terpampang di setiap desa yang menggelar Pilkades.

"Setiap WNI boleh mendaftarkan diri. Tidak terbatas entah warga Sleman atau bukan," katanya.

Pilkades sendiri, katanya dilakukan dengan sistem e-voting. Sosialisasi terkait e-voting telah disosialisasikan dari tingkat desa sampai padukuhan. Total terdapat 49 desa dan 718 padukuhan yang melaksanakan Pilkades. "Dari desa yang melaksanakan Pilkades, total jumlah pemilih sebanyak 444.882 pemilih. Daftar pemilih tetap (DPT) sudah kami input di masing masing komputer," katanya.