Datang ke Kulonprogo, Jokowi Resmikan Underpass Terpanjang di Indonesia

Peresmian underpass YIA, Jumat (31/1/2020) di Kulonprogo.-JIBI - Agne Yasa
31 Januari 2020 16:57 WIB Newswire Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Jalan bawah tanah atau underpass Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulonprogo, diresmikan Presiden Joko Widodo, pada Jumat (31/1/2020).

"Bismillahirahmanirahim, dengan memohon Rahmat Tuhan Yang Maha Esa dengan ini saya resmikan terowongan underpass Yogyakarta International Airport, terima kasih," kata Presiden Joko Widodo, Jumat (31/1/2020).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Underpass YIA masing-masing memiliki dua terowongan sepanjang 1,3 km dengan lebar 7,25 meter.

"Ini merupakan underpass atau terowongan terpanjang di Indonesia, dengan kami lengkapi juga dengan yang biasanya ada, dengan suara peringatan untuk tetap berhati-hati, nyalakan lampu dan kecepatan 40 km/jam," katanya.

Basuki menambahkan sebagai underpass terpanjang, infrastruktur ini juga mendapatkan sertifikat rekor dari MURI sebagai underpass atau lintas bawah terpanjang di Indonesia.

"Dengan underpass ini maka jalan Pansela yang di atasnya ada runway tetap bisa berfungsi," ujarnya.

Sebagai informasi, underpass YIA sendiri berada persis di bawah area bandara baru Yogyakarta International Airport.

Konstruksi bandara baru yang memutus jalan Pansela ini menjadi dasar pertimbangan dibuatnya underpass. Tujuannya agar sistem jaringan Pansela ini tetap masih ada.

"Dengan underpass ini maka jalan Pansela yang di atasnya ada runway tetap bisa berfungsi," ujarnya.

Sumber : Bisnis.com