Advertisement

Minuman Kopi Makin Nge-tren, 12 UMKM di Kulonprogo Bakal Diberi Pelatihan Barista

Lajeng Padmaratri
Selasa, 04 Februari 2020 - 04:47 WIB
Nina Atmasari
Minuman Kopi Makin Nge-tren, 12 UMKM di Kulonprogo Bakal Diberi Pelatihan Barista Ilustrasi minuman kopi - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Naiknya tren minuman kopi di masyarakat membuat Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo tertarik membuka kelas pelatihan bagi barista.

Kepala Disnakertrans Kulonprogo, Eko Wisnu Wardhana menuturkan pihaknya sedang mengusulkan pelatihan barista kepada Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Lembang. "Kita usulkan untuk 12 UMKM [usaha mikro, kecil, dan menengah] supaya bisa mengikuti kelas ini," kata Eko, Senin (3/2/2020).

Pelatihan barista, kata Eko, menjadi bentuk kelanjutan dari pelatihan boga. "Kita selalu adakan pelatihan tingkat lanjut. Pelatihan boga ditingkatkan ke barista," ujarnya.

Dikatakannya, pelatihan ini akan menyasar UMKM yang fokus pada bidang pengolahan minuman kopi. Ia turut menggandeng empat jawatan lain yaitu Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, dan Dinsos PPPA Kulonprogo untuk mengirimkan perwakilannya mengikuti pelatihan.

Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi & UMKM, Diskop UKM Kulonprogo, Haryono menerangkan untuk kegiatan ini ia telah mengirimkan perwakilan empat UMKM pengolah kopi dari keseluruhan 20 UMKM pengolah kopi di Kulonprogo.

"Ada empat UMKM dari Samigaluh, Temon dan Lendah yang kami usulkan, nanti yang melatih dari Disnakertrans," kata Haryono.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Agresi Israel, Penduduk Gaza Diperkirakan Krisis Pangan dalam Enam Pekan Lagi

News
| Kamis, 25 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement