Advertisement

Proyek Tol Jogja-Solo, UPN Jadi Kampus Terdampak Paling Besar

Newswire
Rabu, 05 Februari 2020 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Proyek Tol Jogja-Solo, UPN Jadi Kampus Terdampak Paling Besar Kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN - Pembangunan Tol Jogja-Solo akan membawa dampak pada sejumlah bangunan ruko dan lahan kampus di Ring Road Utara. Lahan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta disebut bakal terkena dampak paling besar, dibanding kampus lainnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo dan Jogja-Bawen, Wijayanto, menyebut nama sejumlah kampus yang lahannya terdampak Tol Jogja-Solo. Di antara yang disebut adalah UPN Veteran, Amikom, dan Stikes Guna Bangsa.

Advertisement

"UPN yang akan terdampak paling besar. Tapi hanya akan sampai halaman saja. Tapi paling banyak yang terdampak nanti ruko-ruko di pinggir jalan," kata Wijayanto kepada wartawan di Balai Desa Condongcatur, Sleman, Selasa (4/2/2020) malam.

Wijayanto mengatakan, UPN menjadi kampus yang paling banyak terdampak lantaran di titik tersebut akan dibuat on off tol. Oleh karenanya lahan yang dibutuhkan cukup banyak.

"On off dibuat sekitar 30 meter. Yang atas ada 30-70 meter, yang bawah sampai sekitar 160 meter," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa total bidang yang dibutuhkan untuk membangun tol Jogja-Solo sebanyak 2.906 bidang. Di Desa Condongcatur ada 214 bidang terdampak. "Luasan lahannya yang terdampak diperkirakan 119,524 m2," katanya.

Nantinya, kata Wijayanto, ganti untung taksiran harga di kawasan perkotaan akan berbeda dengan kawasan perdesaan. Penyebabnya, di daerah perkotaan biasanya banyak kawasan industri atau perdagangan.

"Taksiran harga bagus yang di kota, karena ada industri dagang, pertokoan. Kalau di perdesaan kan banyaknya perumahan penduduk dan lahan sawah," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement