Proyek Tol Jogja-Solo, UPN Jadi Kampus Terdampak Paling Besar

Kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta - Harian Jogja/Sunartono
05 Februari 2020 13:57 WIB Newswire Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Pembangunan Tol Jogja-Solo akan membawa dampak pada sejumlah bangunan ruko dan lahan kampus di Ring Road Utara. Lahan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta disebut bakal terkena dampak paling besar, dibanding kampus lainnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Jogja-Solo dan Jogja-Bawen, Wijayanto, menyebut nama sejumlah kampus yang lahannya terdampak Tol Jogja-Solo. Di antara yang disebut adalah UPN Veteran, Amikom, dan Stikes Guna Bangsa.

"UPN yang akan terdampak paling besar. Tapi hanya akan sampai halaman saja. Tapi paling banyak yang terdampak nanti ruko-ruko di pinggir jalan," kata Wijayanto kepada wartawan di Balai Desa Condongcatur, Sleman, Selasa (4/2/2020) malam.

Wijayanto mengatakan, UPN menjadi kampus yang paling banyak terdampak lantaran di titik tersebut akan dibuat on off tol. Oleh karenanya lahan yang dibutuhkan cukup banyak.

"On off dibuat sekitar 30 meter. Yang atas ada 30-70 meter, yang bawah sampai sekitar 160 meter," jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa total bidang yang dibutuhkan untuk membangun tol Jogja-Solo sebanyak 2.906 bidang. Di Desa Condongcatur ada 214 bidang terdampak. "Luasan lahannya yang terdampak diperkirakan 119,524 m2," katanya.

Nantinya, kata Wijayanto, ganti untung taksiran harga di kawasan perkotaan akan berbeda dengan kawasan perdesaan. Penyebabnya, di daerah perkotaan biasanya banyak kawasan industri atau perdagangan.

"Taksiran harga bagus yang di kota, karena ada industri dagang, pertokoan. Kalau di perdesaan kan banyaknya perumahan penduduk dan lahan sawah," ungkapnya.

Sumber : detik.com