Advertisement

BPBD Sleman: Radius Banjir Lahar Hujan Bisa Capai 5 Kilometer

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 07 Februari 2020 - 17:47 WIB
Arief Junianto
BPBD Sleman: Radius Banjir Lahar Hujan Bisa Capai 5 Kilometer Ilustrasi Puncak Merapi. - Ist/ Gitsayanto via Twitter BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Intensitas hujan yang masih tinggi, khususnya yang terjadi di kawasan puncak Merapi, bisa membuat aliran banjir lahar hujan mencapai hingga radius lima kilometer.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan panjang aliran banjir lahar hujan tergantung dari kuantitas material yang dibawa. Dengan intensitas hujan yang masih tinggi di area hulu Sungai Gendol, bukan tidak mungkin panjang aliran bisa mencapai radius lima kilometer.

Advertisement

Tak hanya tergantung pada kuantitas material, imbuh Makwan, aliran lahar hujan juga dipengaruhi oleh lubang yang digali oleh para penambang pasir di Sungai Gendol. "Tergantung lubang galian penambang juga, kalau lubangnya dalam, aliran akan mengisi lubang tersebut terlebih dahulu. Kalau jaraknya juga tergantung dari intensitas dan lama durasi hujannya, kalau hujannya lama ya bisa mencapai lebih dari lima kilometer, kalau hujannya sebentar tidak sampai lebih dari lima kilometer dari puncak" ujar Makwan, Jumat (7/2/2020).

Guna mengantisipasi dampak aliran banjir lahar hujan, BPBD Sleman, diakui dia terus memantau kondisi sabo dam yang ada di Kali Gendol. Dari hasil pengamatan, sabo dam diklaimnya masih kosong dan belum terisi material banjir lahar dingin.

"[Sabo dam] masih kosong belum terisi, sabo dam siap menampung aliran banjir lahar hujan, material banjir lahar hujan sampai saat ini masih ada di lubang galian penambang," ucap dia.

Berdasarkan informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY, hujan terjadi di puncak Merapi pada Jumat pukul 13:13 WIB hingga pukul 13:59 WIB dengan total curah hujan mencapai 57 milimeter. "Soal sistem peringatan dini [early warning system atau EWS] yang ada di lereng Merapi, totalnya ada 22 unit, untuk banjir lahar [hujan] kami siapkan lima unit di Sungai Gendol, Sungai Opak, dan Sungai Gowong" ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement