Dihantam Hujan Badai, Dinding Stadion Kridosono Jogja Runtuh

Dinding sisi timur Stadion Kridosono runtuh akibat hujan deras disertai angin kencang, Jumat (14/2/2020) sore.-Harian Jogja - Sunartono.
14 Februari 2020 19:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJAHujan deras disertai angin kencang memberikan dampak kerusakan di sejumlah titik di Kota Jogja, salah satunya kawasan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman.

Dinding sisi timur Stadion Kridosono runtuh akibat angin kencang, pohon juga bertumbangan di kawasan tersebut, pada Jumat (14/2/2020) sore.

Pantauan Harianjogja.com, dinding yang roboh berada di sebelah timur dengan panjang sedikitnya 20 meter dan tinggi dinding yang ambrol sekitar empat meter. Seluruh material yang ambrol menyebar ke sebelah timur stadion, beruntung saat kejadian tidak ada orang atau kendaraan di lokasi tersebut. Robohnya dinding tersebut diduga karena sudah rapuh dan tidak kuat menahan beban angin kencang.

Penjaga Stadion Kridosono Seno, 70, memastikan tembok sebelah timur yang ambrol itu terjadi akibat hujan deras dan angin kencang pada Jumat (14/2/2020) sore. Beruntung tidak ada warga yang berada di sebelah timur, karena biasanya ada beberapa pedagang keliling yang berhenti di dekat dinding tersebut. Dinding ambrol itu tepat berada di sisi utaranya pintu masuk sebelah timur.

“Tadi pagi masih belum [ambrol], kejadiannya sekitar 14.30-an itu, anginnya kencang. Beruntung di sebelah timur tidak ada orang karena materialnya itu mengarah ke timur semua, tidak ada yang ke barat,” katanya saat ditemui Harian Jogja di Kompleks Stadion Kridosono.

Ia menambahkan selain dinding ambrol, di dalam stadion setidaknya ada lima pohon yang tumbang. Antara lain tiga pohon di sisi utara gawang, satu pohon di sisi timur dan satunya lagi di sisi selatan. “Belum dievakuasi,” katanya sembari menunjuk ke arah pohon.

Salah satu juru parkir Stadion Kridosono Febri, 40, menyatakan di luar stadion ada tiga pohon yang tumbang. Selain itu beberapa pohon rantingnya banyak yang patah. “Yang roboh ke jalan itu sebelah utara [stadion] tadi sempat macet,” ucapnya.