Advertisement

DIY Dilanda Cuaca Esktrem, Ini Kerusakan yang Terdata oleh BPBD

Newswire
Jum'at, 14 Februari 2020 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
DIY Dilanda Cuaca Esktrem, Ini Kerusakan yang Terdata oleh BPBD Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Cuaca ekstrem yang melanda DIY, Jumat (14/2/2020) sore menimbulkan sejumlah kerugian.

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengakibatkan belasan pohon tumbang, bangunan ambruk hingga kendaraan yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang. BPBD DIY menyebut sebagian besar kejadian telah ditangani petugas.

Advertisement

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan hingga pukul 17.00 WIB sore ini, ada 13 titik yang mengalami hujan dan angin kencang di Kota Yogyakarta. Alhasil, ada enam pohon tumbang, dan empat rumah mengalami kerusakan. Tak hanya itu, sebagian daerah juga mengalami pemadaman listrik seperti di Jl Bung Tarjo, Gondokusuman, Yogyakarta.

Selain itu, ada gedung pemerintahan, Rumah Sakit, satu unit mobil, satu unit motor yang mengalami kerusakan akibat hujan deras disertai angin kencang. Ada pula jaringan listrik yang tertimpa pohon tumbang, dan sempat terjadi pula peningkatan volume air di Sungai Code dan Sungai Gajahwong, namun masih dalam ambang normal.

"Secara umum ada pohon tumbang, ada atap plafon yang ambruk, kemudian ada tembok parkiran (Rumah Sakit) Bethesda itu ambruk. Tapi kebanyakan pohon tumbang," katanya saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Jumat (14/2/2020).

Tak hanya di Kota Yogyakarta, Biwara menyebut ada 18 titik pohon tumbang di Kabupaten Sleman. Selain itu, sebuah tempat usaha 1 mengalami kerusakan, satu reklame roboh, 13 rumah rusak dan satu tempat ibadah juga mengalami kerusakan.

Biwara meyebut ada dua akses jalan yang terganggu akibat pohon tumbang, serta ada tiga jaringan listrik dan satu jaringan telepon yang rusak karena diterpa hujan deras disertai angin kencang. Meski tidak ada korban, dia menyebut ada satu orang yang mengalami luka ringan.

Sedangkan di Kabupaten Bantul, Biwara menyebut terjadi dua titik angin kencang yang berdampak pada tumbangnya sebuah pohon dan dua unit rumah mengalami kerusakan.

"Saat ini ada yang sudah (terkondisi) dan ada yang baru dikondisikan (oleh petugas di lapangan)," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemendagri Sebut Dana Desa Bisa Digunakan untuk Pemberantasan Narkoba

News
| Selasa, 23 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement