Advertisement

Tekan Pelanggaran Lalin oleh Pelajar, Polres Kulonpogo Luncurkan Pit Selawe

Jalu Rahman Dewantara
Jum'at, 14 Februari 2020 - 13:17 WIB
Nina Atmasari
Tekan Pelanggaran Lalin oleh Pelajar, Polres Kulonpogo Luncurkan Pit Selawe Personil Polres Kulonpogo bersama siswa MAN 2 Wates saat mengikuti program Pit Selawe di kawasan Kota Wates, Kapanewon Wates, Kulonpogo, Kamis (13/2/2020). - ist/Dok Polres

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Polres Kulonpogo meluncurkan program Pit Selawe yang merupakan akronim dari Pit Kanggo Sekolah Lan Nyambut Gawe atau Sepeda Untuk Sekolah dan Bekerja.

Program ini bertujuan merangsang minat anak-anak sekolah dan para karyawan kantor serta masyarakat pengguna jalan untuk hidup sehat dengan bersepeda. Kebiasaan itu selain menyehatkan tubuh, juga bermanfaat mendukung upaya Kulonprogo bebas polusi.

Advertisement

Di samping itu program ini juga salah satu cara Polres Kulonpogo menekan tingginya jumlah pelanggaran lalu lintas yang melibatkan kalangan pelajar. Dalam Operasi Patuh Progo 2019 di Kulonprogo lalu, diketahui dari total 6.365 pelanggar, sebanyak 3.220 di antaranya merupakan anak-anak dan remaja di bawah usia 16 tahun

"Sehingga dengan digelorakannya pit selawe selain untuk hidup sehat, diharapkan dapat menekan angka kecelakaan, mengurangi pelanggaran lalu lintas terutama anak di bawah umur yang belum memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM)," ujar Kapolres Kulonpogo, AKBP Tartono, Kamis (13/2/2020).

Pit Selawe berangkat dari program Indonesia Sehat yang dicanangkan Presiden, Joko Widodo. Selain itu juga berdasarkan instruksi Polda DIY kepada seluruh polres di wilayah hukum DIY untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai penggunaan sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari.

Dalam program ini Kapolres Kulonprogo mewajibkan personelnya yang berdomisili dekat dengan kantor Polres Kulonprogo agar menggunakan transportasi sepeda minimal setiap Selasa dan Jumat. Diharapkan masyarakat umum khususnya anak sekolah di bawah umur yang melihat aktivitas jajaran polres Kulonprogo bersepeda bisa mengikuti kegiatan tersebut.

"Apalagi anak sekolah yang masih sering terlihat lalu lalang mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tinggi, tidak menggunakan helm, apalagi tidak memiliki SIM, mereka belum boleh berkendara sepeda motor," ujar Tartono.

Penerapan program ini sudah dilakukan pada Kamis (13/2/2020) lalu. Jajaran Polres Kulonprogo bersama sejumlah guru dan siswa MAN 2 Wates bersepeda mengelilingi Kota Wates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement