Hendak Bakar Sampah, Suminah Justru Hanguskan Dapur Rumahnya Sendiri

Tim Pemadam Kebakaran Kulonprogo saat melakukan pemadaman di rumah milik Suminah di Dusun 2, Kalurahan Pandowan, Kapanewon Galur, ludes terbakar, Rabu (19/2/2020). - Ist/Damkar
19 Februari 2020 14:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Dapur rumah milik Suminah, 70, warga Dusun 2, Kalurahan Pandowan, Kapanewon Galur, ludes terbakar, Rabu (19/2/2020). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai Rp10 juta.

Kapolsek Galur, Kompol Sutikno menerangkan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Kronologi kejadian bermula saat Suminah hendak membakar sampah di pekarangan menggunakan daun kelapa kering yang dibakar di dapur.

Saat berjalan keluar rumah, sisa daun kelapa kering yang sudah terbakar itu tercecer di tumpukan kayu yang berada di dalam dapur. Akibatnya kayu menjadi terbakar dan api dari kayu kemudian merembet sehingga membakar dapur beserta isinya.

"Kebetulan saat kejadian cuaca dalam kondisi panas dan angin bertiup kencang. Sehingga memudahkan api membakar dapur," terang Sutikno saat dikonfirmasi Harian Jogja, Rabu siang.

Suminah yang mendapati dapurnya terbakar lantas berteriak minta tolong. Warga setempat kemudian berdatangan untuk melakukan pemadaman dibantu Tim Pemadam Kebakaran Kulonpogo, PMI Kulonpogo, Polisi, TNI dan anggota relawan. Kurang dari satu jam, api berhasil padam.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo, Edi Wibowo mengatakan akibat kejadian ini kerugian yang diderita korban ditaksir mencapai Rp10 juta, meliputi bangunan yang ludes, perabot dapur dan sebuah sepeda onthel.

"Untuk meringankan beban korban, kami sudah membantu alat dapur dan makanan, semoga bisa bermanfaat," ujarnya.