Advertisement

2.000 Bibit Pohon Ditanam di Kedung Luweng

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 20 Februari 2020 - 02:17 WIB
Nina Atmasari
2.000 Bibit Pohon Ditanam di Kedung Luweng Gerakan tanam pohon yang dilakukan di obyek wisata Kedung Luweng, Dusun Tejogan, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Rabu (19/2/2020). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Sebanyak 2.000 bibit pohon ditanam di obyek wisata Kedung Luweng, Dusun Tejogan, Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Rabu (19/2/2020).

Kegiatan yang masuk dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke 70 dan Satlinmas ke 58 tingkat DIY itu bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga alam yang dalam hal ini diwujudkan dengan penanaman pelbagai jenis pohon berbatang keras.

Advertisement

"Yang pasti kami harapkan agar masyarakat ikut peduli dengan lingkungan dan tidak terjadi bencana karena pohon-pohon ditebangi," kata Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad usai melakukan penanaman, Rabu (19/2/2020).

Noviar mengatakan kegiatan, ini sekaligus mewujudkan Satpol PP dan Satlinmas yang humanis, serta ajang promosi wisata. Diketahui Kedung Luweng merupakan destinasi wisata baru yang belum banyak dikenal masyarakat.

Penanaman 2.000 pohon ini tak hanya diikuti oleh jajaran Satpol PP dan Satlinmas. Sejumlah kalangan baik dari unsur masyarakat maupun instansi terkait di Kulonprogo turut berpartisipasi. Di samping menanam pohon, turut diadakan aksi bersih sungai yang masih dalam kawasan Kedung Luweng.

Bupati Kulonpogo, Sutedjo yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya banyak manfaat yang diperoleh dari menanam pohon, di antaranya mengurangi pemanasan global, menurunkan pencemaran lingkungan, menciptakan lingkungan yang sejuk dan asri, serta menyimpan cadangan air tanah.

Sutedjo juga mengajak seluruh komponen masyarakat di Kulonprogo untuk berperan aktif dalam kegiatan penghijauan dan pelestarian alam, baik yang dilakukan secara swadaya masyarakat maupun dari bantuan pemerintah atau pihak swasta.

"Kepada semua pimpinan Instansi di lingkungan pemkab, kami juga mengharapkan dapat melakukan penanaman pohon di halaman kantornya masing-masing atau setidaknya menjaga halaman kantornya tetap hijau dan asri," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement