DPRD DIY Dorong Pemda Berikan SK untuk Satlinmas

Sekretaris Komisi A DRPD DIY Retno Sudiyanti saat memberikan paparan di hadapan Satlinmas di Turi, Sleman, Kamis (20/2/2020). - Ist/DPRD DIY.
21 Februari 2020 04:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Komisi A DPRD DIY mendorong Pemda DIY agar memberikan perhatian serius terhadap Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang menjadi garda terdepan pengamanan di wilayah DIY.

Pemerintah dinilai perlu memberikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan para anggota Satlinmas sebagai bentuk apresiasi atas kinerja yang selama ini dilakukan secara sukarela dengan tanpa gaji bulanan.

Sekretaris Komisi A DRPD DIY Retno Sudiyanti mengatakan pemerintah harus memberikan perhatian yang lebih serius terhadap Satlinmas di DIY. Terutama dari sisi peningkatan kemampuan, fasilitas peralatan hingga kesejahteraan. Peralatan yang harus dimiliki sebaiknya tidak hanya HT namun fasilitas lain sejalan dengan perkembangan teknologi era saat ini agar memudahkan dalam menerima, meneruskan dan menindaklanjuti informasi.

"Karena satlinmas ini menjadi garda terdepan di pedesaan untuk mengamankan berbagai persoalan, dari hajatan kegiatan masyarakat sampai pada kebencanaan," ungkapnya di DPRD DIY, Kamis (20/2/2020).

DPRD DIY bersama Satpol PP DIY melakukan pembinaan Satlinmas terkait dengan penanggulangan bencana di Turi, Sleman yang dihadiri sedikitnya 300 anggota, pada Kamis (20/2/2020). Sebelumnya kegiatan serupa juga dihelat di Kulonprogo. "Karena yang menguasai medan area desa, atau kampung itu Satlinmas-nya," katanya.

Oleh karena itu Satlinmas harus diberikan peningkatan SDM dengan memberikan bimbingan dan pelatihan. Namun terpenting, kata dia, Pemda DIY harus memperhatikan kondisi Satlinmas saat ini terutama sisi SDM, karena faktanya sebagian besar telah berusia antara 50 tahun hingga 80 tahun. "Regenerasi Satlinmas ini menjadi sangat penting karena saat ini didominasi usia tua, terutama di titik yang biasanya rawan bencana," ujarnya.

Retno mengatakan pemerintah perlu memberikan penghargaan kepada Satlinmas bisa dengan bentuk pengakuan melalui penerbitan SK baik dari Gubernur DIY maupun bupati atau walikota. Penerbitan SK itu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para Satlinmas. Melalui SK harapannya anggota Satlinmas bisa terdata dengan baik dan menjadi mudah untuk proses peningkatan kesejahteraan.

"Mereka [Satlinmas] bekerja atas dasar sosial, sukarela, kami mendorong penerbitan SK oleh pimpinan daerah bagi para Satlinmas karena selama ini rekrutmen hanya di tingkat desa," ucapnya.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad mengatakan upaya peningkatan kapasitas Satlinmas terus dilakukan. Harapannya Satlintas bisa membantu menangani beragam persoalan di level desa terutama berkaitan dengan bencana. Program itu diberikan secara rutin setiap tahun.

"Pemateri kami hadirkan juga dari SAR DIY kaitan dengan kedaruratan bencana. Selain teori kami berikan juga praktiknya," katanya.