Advertisement

Sempat Disorot, Revitalisasi Sewokoprojo Dilanjutkan Tahun Ini

David Kurniawan
Senin, 02 Maret 2020 - 22:47 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Sempat Disorot, Revitalisasi Sewokoprojo Dilanjutkan Tahun Ini Tim dari Administrasi Pembangunan Setda Gunungkidul saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) melihat hasil revitalisasi Bangsal Sewokoprojo, Rabu (5/2/2020) - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul meneruskan program revitalisasi Bangsal Sewokoprojo. Tahun ini Disbud bakal memperbaiki bagian lantai dan plafon untuk teras bangsal.

Kepala Bidang Pelestarian dan Nilai Budaya Disbud Gunungkidul, Agus Mantara, mengatakan revitalisasi Bangsal Sewokoprojo sudah dimulai sejak tahun lalu. Rencananya perbaikan dilanjutkan di tahun ini. “Kami sudah menyiapkan program revitalisasi lanjutan,” kata Mantara kepada wartawan, Senin (2/3/2020).

Advertisement

Menurut dia, untuk perbaikan dialokasikan anggaran Rp200 jutaan. Dana tersebut digunakan untuk memperbaiki lantai utama di bagian joglo bangsal serta perbaikan plafon teras. Meski demikian, anggaran perbaikan bisa bertambah sesuai dengan hasil kajian teknis yang dikerjakan.

Mantara menjelaskan untuk perbaikan lantai akan dikembalikan seperti awal dibangun. Rencananya lantai menggunakan ubin motif kunci. “Masih proses dan mudah-mudahan bisa segera direalisasikan,” katanya.

Disinggung mengenai revitalisasi di tahap satu, ia tidak menampik pengerjaan sempat menimbulkan polemik karena kualitas hasil pekerjaan. Menurut dia, keluhan terkait pekerjaan sudah dilakukan perbaikan dan saat ini sudah diselesaikan oleh rekanan. “Terkait dengan hasil pengerjaan di masa perbaikan, kami masih tunggu hasil pengecekan dari tim monitoring kabupaten. Untuk pengecekan sudah dilakukan beberapa hari lalu sehingga tinggal menunggu apakah perbaikan diterima atau tidak,” katanya.

Meski hasil pengecekan belum keluar, Mantara mengakui sudah banyak kegiatan dilaksanakan di Bangsal Sewokoprojo. “Mudah-mudahan hasilnya baik sehingga revitalisasi bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya,” kata mantan Sekretaris Camat Nglipar ini.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement